LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN(PPL) SMA NEGERI 1 DEPOK SLEMAN

Sri Wahyuni, Sri Wahyuni (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN(PPL) SMA NEGERI 1 DEPOK SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Halaman Judul.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ISi BAB I-3.pdf

Download (309kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman lapangan merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa UNY yang mengambil jalur kependidikan. Tujuan dari PPL ini adalah utnuk melatih mahasiswa dalam memperoleh pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan/kependidikan dan mengetahui secara langsung proses kegiatan belajar mengajar di sekolah, mengenalkan mahasiswa kepada lembaga kependidikan yang sebenarnya sehingga dapat mengetahui segenap permasalahan yang terkait dengan proses pembelajaran, selain itu diharapkan mahasiswa dapat memperoleh bekal pengalaman dalam rangka meningkatkan profesionalitas kerja di dunia pendidikan. Program PPL di SMA N 1 Depok, dilaksanakan pada tanggal 1Julisampai 17September 2014. PPL diterjunkan untuk mengajar di kelas X MIA 1, X MIA 2, X MIA 3, XII IPA 1, XII IPA 2, XI IPA 3, XII IPA 4, XII IPS 1, XII IPS 2, XII IPS 3 dan XII IPS 4.Dalam pelaksanaan PPL ini praktikan melaksanakan berbagai program kegiatan baik yang bersifat kelompok maupun individu. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk melatih praktikan dalam menerapkan kemampuannya dan pengetahuannya serta mempraktikkan ilmu yang telah diperoleh selama perkuliahan. Dengan demikian, praktikan diharapkan mempunyai bekal dan pengalaman sebagai calon pendidik yang berkualitas. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMA N 1 Depok meliputi kegiatan mengajar di kelas dan praktik persekolahan. Dalam kegiatan praktik mengajar di kelas, secara langsung praktikan dibimbing oleh guru pembimbing. Bimbingan juga dalam hal pembuatan perangkat pembelajaran RPP, Silabus serta perangkat Evaluasi. Praktikan juga berperan dalam kegiatan persekolahan lainnya seperti piket harian, piket UKS, piket BK, dan lain-lain. Dengan adanya pengalaman tentang penyelenggaraan sekolah ini diharapkan praktikan mempunyai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional pula. Dari serangkaian kegiatan PPL di SMA N 1 Depok pada bulan Juli-September dapat di ambil makna bahwa praktik pengalaman lapangan merupakan kesempatan yang tepat bagi mahasiswa calon guru untuk dapat mempraktikkan ilmu yang didapatkan dari kampus. Kegiatan praktik pengalaman lapangan dapat digunakan sebagai sarana untuk memperoleh pengalaman yang faktual sebagai bekal untuk menjadi tenaga kependididkan yang kompeten dalam bidang masing-masing. Praktik pengalaman lapangan merupakan pengembangan dari empat kompetensi bagi praktikkan, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi professional, dan kompetensi sosial. Praktik persekolahan merupakan pengalaman menambah bekal bagi calon guru diluar tugas mengajar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Pembelajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Aug 2016 07:34
Last Modified: 01 Oct 2019 12:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39149

Actions (login required)

View Item View Item