LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNY 2014 LOKASI SMP N 3 KALASAN Sidokerto Purwomartani Kalasan Sleman Yogyakarta

MELSON, MELSON (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNY 2014 LOKASI SMP N 3 KALASAN Sidokerto Purwomartani Kalasan Sleman Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
MELSON - LAPORAN PPL.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan merupakan salah satu program penunjang bagi mahasiswa yang akan dipersiapkan untuk menjadi tenaga pengajar dikemudian hari. PPL dilaksanakan di sekolah dan mahasiswa praktikan diberikan kesempatan secara langsung untuk terjun dan merasakan atmosfer kelas. Dalam proses pelaksanaannya, mahasiswa praktikan juga dituntut untuk mempelajari bagaimana mengelola kelas, mempersiapkan pembelajaran, dan mempelajari administrasi di sekolah. Tak lepas dari hal – hal tersebut, PPL juga di programkan untuk mahasiswa mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan dibangku kuliah dan bagaimana mengajarkannya kepada siswa dalam proses tatap muka dikelas. Pelaksanaan PPL ini dilaksanakan dalam kurun waktu kurang lebih 2,5 bulan terhitung dari 2 Juli 2014 hingga 17 September 2014. Maka dalam kurun waktu dua bulan tersebut mahasiswa praktikan wajib melaksanakan tugas mengajar atau tatap muka sebanyak 8x s/d 10x guna menunjang pengalaman dan pemantapan hasil PPL. Sekolah yang menjadi lokasi PPL adalah SMP Negeri 3 Kalasan. Di SMP Negeri 3 Kalasan mahasiswa praktikan mengampuh dua kelas yaitu kelas VII A dan VII B. Kreatifitas dari mahasiswa praktikan sangatlah penting, kreativitas untuk mengembangkan bahkan menciptakan metode pembelajaran dikelas. Ini dimaksudkan agar pembelajaran akan efektif. Penggunaan media dan alat pembelajaran yang tepat sangat menunjang hasil pembelajaran dikelas. Berbagai media dan alat pendukung dalam pembelajaran telah digunakan oleh mahasiswa praktikan mulai dari instrumen musik seperti gitar, pianika, recorder, penggunaan media seperti powerpoint, gambar, mp3, dan juga video contoh untuk bahan pengamatan siswa. Dalam praktiknya, mahasiswa praktikan beracuan pada kurikulum 2013 yang dimana siswa akan lebih aktif dalam proses pembelajaran dan kegiatan lebih berpusat pada siswa. Kendala dalam pelaksanaan PPL kali ini banyak ditemui, tentunya dalam setiap aspek ada beberapa masalah dan kendala. Namun itu bukanlah menjadi penghalang untuk pelaksanaan PPL ini. Melalui pelaksanaan PPL ini mahasiswa praktikan akan mendapatkan pengalaman bekal menjadi pengajar dihari depan kelak. Displin, kerja keras, kerjasama serta doa merupakan kunci kesuksesan dalam pelaksanaan PPL ini. Pada akhirnya semoga dengan telah selesainya pelaksanaan, diharapkan akan menjadi sebuah langkah maju dan untuk menciptakan calon pendidik di Indonesia yang berkualitas serta profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Aug 2016 06:43
Last Modified: 01 Oct 2019 12:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39117

Actions (login required)

View Item View Item