LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PERIODE JULI – SEPTEMBER LOKASI SMP 3 GODEAN KRAPYAK, SIDOARUM, GODEAN, SLEMAN, YOGYAKARTA

ANDIKA KUSUMANINGRUM, ANDIKA KUSUMANINGRUM (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PERIODE JULI – SEPTEMBER LOKASI SMP 3 GODEAN KRAPYAK, SIDOARUM, GODEAN, SLEMAN, YOGYAKARTA. laporan ppl.

[img]
Preview
Text
LAPORAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktik pengalaman Lapanagan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah wajib tempuh bagi mahasiswa S1 kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Sebelum menjalani PPL, mahasiswa dibekali mata kuliah micri teaching terlebih dahulu. Untuk mempersiapkan diri baik fisik dan mental dalam melaksanakan kegiatan PPL nantinya. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilaksanakan di lokasi SMP Negeri 3 Godean berlangsung selama kurang lebih 2,5 bulan dimulai sejak tanggal Agustus sampai dengan September 2014. Tujuan dilaksanakannya PPL ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam kehidupan nyata di sekolah atau lembaga pendidikan, memacu pengembangan sekolah atau lembaga dengan cara menumbuhkan motivasi atas dasar kekuatan sendiri, serta meningkatkan hubungan kemitraaan antara UNY dengan pemerintah daerah, sekolah atau lembaga pendidikan terkait. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) sendiri merupakan wahana bagi mahasiswa untuk pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Dalam kegiatan PPL bertempat di SMP Negeri 3 Godean, para mahasiswa dituntut untuk dapat mengajarkan materi sesuai bidang masing-masing. Sebelum melakukan KBM mahasiswa harus mempersiapkan rencana pembelajaran dan media pembelajaran untuk menarik perhatian siswa agar lebih tertarik dalam kegiatan belajar mengajar. Kegiatan PPL yang dilaksanakan oleh praktikan berlangsung mulai 24 Agustus 2014 sampai 17 September 2014. Pada kesempatan mengajar di SMP Negeri 3 Godean, praktikan diberikan kepercayaan untuk mengajar kelas VIII A (32 siswa), VIII B (32 siswa). Prasarana pendidikan yang dimiliki oleh sekolah ini tergolong cukup memadai. Keadaan ini membuat sekolah dapat melangsungkan kegiatan belajar dengan baik. Apabila melihat lingkungan secara umum, lingkungan sekolah sudah cukup kondusif untuk Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Selama masa PPL, banyak mendapatkan pengalaman baru, yaitu mengenai proses belajar mengajar dan kegiatan persekolahan lainnya yang selanjutnya sangat berguna bagi praktikan untuk mengembangkan dirinya sebagai guru dan tenaga pendidik profesional yang mempunyai nilai, sikap, dan pengetahuan serta keterampilan yang diperlukan. Secara umum, kegiatan PPL berlangsung dengan lancar. Keberhasilan tersebut tentu saja berkat adanya kerjasama yang baik dari berbagai pihak seperti guru pembimbing dan DPL. Namun, pada akhirnya praktikan tidak dapat memungkiri bahwa masih banyak kekurangan dari hasil kegiatan PPL ini. Adapun harapan untuk kegiatan PPL di masa mendatang adalah perlunya efektifitas waktu dalam melaksanakan kegiatan PPL, perencanaan program yang lebih matang, komunikasi dan interaksi yang lebih dipererat antar Tim, guru pembimbing, sekolah, DPL PPL, dan pihak kampus (LPPM). Demikian serangkaian kegiatan dari Tim PPL UNY SMP Negeri 3 Godean dari segenap kemampuan yang kami miliki untuk mengaplikasikan ilmu yang kami dapat dari perkuliahan dan sebagai pengabdian kepada masyarakat sekitar mengucakan terimakasih dan semoga bermanfaat.

Item Type: Article
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 08 Aug 2016 04:47
Last Modified: 08 Aug 2016 04:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39096

Actions (login required)

View Item View Item