LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP N 1 MINGGIR 2014

Laily Yuliati, Laily Yuliati (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP N 1 MINGGIR 2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL LAILY YULIATI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang professional dengan memberikan pengalaman kepada calon pendidik mengenai pengintegrasian dan pengimplementasian ilmu yang telah dikuasai dalam pratik keguruan yang sesungguhnya di lapangan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) diharapkan mampu mengembangkan potensi yang dimiliki mahasiswa sekaligus menjadi motivasi untuk terus mengaktualisasi diri dan mengabdi di dunia pendidikan agar mampu mewujudkan dunia pendidikan yang berkualitas di masa depan. Kegiatan PPL yang dilaksanakan mulai 1 Juli 2014 sampai dengan 17 September 2014, mahasiswa praktikan memperoleh tugas melaksanakan praktik mengajar di dalam kelas yang diampu oleh guru pembimbing dengan mengembangkan proses pembelajaran yang sesuai dengan apa yang telah dipelajari dibangku kuliah dengan penuh tanggung jawab Kegiatan PPL merupakan serangkaian kegiatan yang dimulai dari persiapan-persiapan, pelaksanaan kegiatan dan evaluasinya. Adapun persiapan-persiapan yang dilakukan sebelum melaksanakan praktik mengajar antara lain yaitu observasi kelas, membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) agar proses pembelajaran yang dilaksanakan dapat berjalan dengan baik, lancar dan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan, penyiapan materi yang disesuaikan dengan Silabus dan RPP, persiapan metode dan media pembelajaran, persiapan alat evaluasi meliputi pembuatan soal untuk penugasan dan soal tes ulangan siswa sesuai dengan standar kompetensi yang akan disampaikan, konsultasi dengan guru pembimbing mengenai RPP, materi, media dan metode, serta soal evaluasi yang akan digunakan agar sesuai dengan kompetensi dan sub kompetensi yang ada. Proses pembelajaran selama PPL dilaksanakan kurang lebih selama 12 minggu yang terdiri dari 22 kali tatap muka. Dalam pelaksanaan praktik mengajar, secara langsung mahasiswa praktikan menggantikan guru mata pelajaran selama masa PPL. Pada masa praktik mengajar ini, mata pelajaran yang diampu adalah bahasa Jawa. Kegiatan PPL memfasilitasi mahasiswa dalam menimba ilmu dan mempraktikan ilmu yang sudah diterima di perkuliahan pada dunia pendidikan yang sebenarnya sehingga dapat menjadi bekal yang bermanfaat bagi karir mahasiswa di dunia pendidikan di kemudian hari. Ketika proses pembelajaran berlangsung tentunya terjadi permasalahan-permasalahan, sebagai seorang guru mahasiswa PPL harus peka terhadap permasalahan-permasalahan tersebut dan mampu mencari solusinya. Terlaksananya kegiatan PPL ini banyak memberi pengalaman kepada mahasiswa, sehingga mahasiswa dapat mengambil hikmah yang nantinya akan bermanfaat di dunia kerja yang akan ditempuh di kemudian hari.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Aug 2016 03:19
Last Modified: 01 Oct 2019 12:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39065

Actions (login required)

View Item View Item