LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP N 1 MINGGIR

Diah Fatmala Sari, Diah Fatmala Sari (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP N 1 MINGGIR. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU DIAH FATMALA SARI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan tahap bagi mahasiswa untuk mempraktikan ilmu yang didapatkan di bangku kuliah dengan pengalaman yang nyata di lapangan dan dapat menambah pengalaman serta melatih mahasiswa dalam melaksakan pembelajaran di sekolah. Selain itu, mahasiswa tidak hanya mendapatkan pengalaman mengajar akan tetapi juga mendapatkan pengalaman manajerial sekolah seperti bagaimana membuat administrasi guru, apa saja hal-hal yang dilakukan ketika menjadi guru, bagaimana mengatur waktu dengan padatnya pekerjaan, dan sebagainya. Sehingga mahasiswa benar-benar mengetahui dan memahami secara nyata bagaimana nantinya apabila bekerja menjadi seorang guru. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program PPL pada semester khusus tahun 2014 ini adalah di lingkungan masyarakat sekolah, yaitu masyarakat SMP Negeri 1 Minggir khususnya seluruh siswa SMP Negeri 1 Minggir. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa selama pelaksanaan PPL yaitu praktik mengajar, dimana mahasiswa melakukan persiapan-persiapan, pelaksanaan kegiatan dan evaluasinya. Adapun persiapan-persiapan yang dilakukan sebelum melaksanakan praktik mengajar antara lain yaitu observasi kelas, membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) agar proses pembelajaran yang dilaksanakan dapat berjalan dengan baik, lancar dan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan, penyiapan materi yang disesuaikan dengan Silabus dan RPP, persiapan metode dan media pembelajaran, persiapan alat evaluasi meliputi pembuatan soal untuk penugasan dan soal tes ulangan siswa sesuai dengan standar kompetensi yang akan disampaikan, konsultasi dengan guru pembimbing mengenai RPP, materi, media dan metode, serta soal evaluasi yang akan digunakan agar sesuai dengan kompetensi dan sub kompetensi yang ada. Proses pembelajaran selama PPL dilaksanakan kurang lebih selama 10 minggu yang terdiri dari 17 kali tatap muka. Dalam pelaksanaan praktik mengajar, secara langsung mahasiswa menggantikan guru mata pelajaran selama masa PPL. Pada masa praktik mengajar ini, mata pelajaran yang diampu adalah bahasa Jawa. Di dalam PPL mahasiswa terjun langsung untuk melakukan praktik pembelajaran di dalam kelas, bertemu tatap muka dengan peserta didik, 6 menyampaikan materi, melakukan pengelolaan kelas, melakukan evaluasi dan sebagainya. Dengan hal demikian, diharapkan mahasiswa dapat mengambil pelajaran dari pengalaman tersebut sebagai bekal ketika terjun langsunng sebagai guru. Secara umum, program-program PPL yang telah direncanakan oleh setiap mahasiswa secara keseluruhan dapat berjalan dengan baik, namun dalam pelaksanaannya beberapa hambatan dapat dipastikan selalu timbul. Beberapa hambatan tersebut antara lain: siswa memiliki motivasi yang rendah untuk belajar, siswa sulit diajak komunikasi dalam mengikuti pelajaran, dan penggelolaan waktu. Tetapi praktikan selalu berusaha untuk meminimalisir hambatan yang terjadi, sehingga program PPL dapat terlaksana dengan baik. Dengan adanya kegiatan PPL, praktikan mendapatkan pengalaman, pembelajaran dan bekal yang cukup tentang kegiatan-kegiatan dalam dunia kependidikan. Praktikan menyadari, apa yang didapatkan dalam PPL ini, baru sebagian kecil pengalaman dibanding ketika nanti benar-benar bekerja menjadi seorang guru.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Aug 2016 02:50
Last Modified: 01 Oct 2019 11:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39051

Actions (login required)

View Item View Item