Ardyati Rakhmatika Noor, Ardyati Rakhmatika Noor (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGAJARAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS TAHUN 2014/2015 SD NEGERI KARANGJATI, PLOSOKUNING, MINOMARTANI KECAMATAN NGAGLIK, KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
COVER_LEMBAR PENGESAHAN_KATA PENGANTAR_DAFTAR ISI_DAFTAR LAMPIRAN_ABSTRAK.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
ISI LAPORAN PPL [BAB I, II, III].pdf Download (368kB) | Preview |
Abstract
Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan program yang terintegrasi untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa program pendidikan sebagai calon guru atau tenaga kependidikan. Dalam pelaksanaan PPL, mahasiswa melaksanakan tugas-tugas kependidikan, dalam hal ini guru atau tenaga pendidik yang meliputi kegiatan praktik mengajar, dan kegiatan kependidikan lainnya. Program PPL ini meliputi pelaksanaan praktik mengajar terbimbing sebanyak 8 kali yang dilaksanakan mulai tanggal 12 Agustus 2014 sampai dengan 20 Agustus 2014 dan praktik mengajar mandiri sebanyak 2 kali yang dilaksanakan tanggal 20 Agustus 2014. Serta dilaksanakan pula ujian praktik mengajar sebanyak 2 kali mengajar pada tanggal 1 dan 6 September 2014. Praktik mengajar terbimbing dan praktik mengajar mandiri ini meliputi pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran, persiapan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan PPL meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan dan analisis hasil. Tahapan persiapan PPL meliputi Micro Teaching, pembekalan PPL, observasi sekolah, mengumpulkan materi ajar, mempelajari silabus, menyusun RPP, dan pembuatan media pembelajaran. Tahap pelaksanaan meliputi praktik mengajar terbimbing, mandiri, dan ujian. Tahap analisis hasil berisi hasil, hambatan, solusi, dan refleksi. Pada pelaksanaan program PPL di SD Negeri Karangjati berjalan dengan baik. Meskipun terdapat beberapa kendala yang dihadapi, semua mampu teratasi berkat kerjasama yang baik antara mahasiswa PPL dan pihak sekolah. Dukungan dari berbagai pihak terutama pihak sekolah sangat membantu kelancaran pelaksanaan program PPL. Setelah kegiatan PPL selesai, praktikan mendapatkan pemahaman bahwa menjadi seorang guru merupakan pekerjaan yang sangat mulia, ibarat pahlawan tanpa tanda jasa.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PPL, Terbimbing, Mandiri, Ujian Praktik |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 08 Aug 2016 01:59 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:57 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39023 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |