LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PENDIDIKAN SENI KERAJINAN SMK NEGERI 1 KALASAN SMK NEGERI 1 KALASAN Randugunting, Tamanmartani, Kalasan, Sleman

Aida Nur Indarsari, Aida Nur Indarsari (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PENDIDIKAN SENI KERAJINAN SMK NEGERI 1 KALASAN SMK NEGERI 1 KALASAN Randugunting, Tamanmartani, Kalasan, Sleman. laporan ppl.

[img]
Preview
Text
AIDA NUR INDARSARI.pdf

Download (81MB) | Preview

Abstract

PPL merupakan salah satu wujud nyata dari Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam rangka melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa Strata Satu (S1). Kegiatan PPL ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dipelajari ke dalam kehidupan nyata di masyarakat. Tempat yang digunakan untuk melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan adalah sekolah atau lembaga lainnya. Dalam kesempatan ini penyusunan melaksanakan kegiatan tersebut di SMK N 1 Kalasan, yang beralamat di Padukuhan Randugunting, Desa Tamanmartani, Kalasan, Sleman. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta secara terpadu dilaksanakan mulai tanggal 1 Juli 2014 sampai dengan 17 September 2014 yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa ketika berada di kondisi lapangan yang sesungguhnya. Sehingga mahasiswa memiliki pengalaman belajar dalam kehidupan nyata, dapat memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan diri, meningkatkan ketrampilan, kemandirian, tanggung jawab dan kemampuan dalam menyelesaikan masalah yang ada. PPL yang dilakukan praktikan dimulai tanggal 1 Juli 2014 sampai tanggal 17 September 2014 dengan menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab dan dengan menggunakan media pembelajaran. Evaluasi pembelajaran dilakukan dari mulai awal pembelajaran sampai akhir pembelajaran, dari awal PPL sampai akhir PPL, serta PPL juga telah dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditentukan dari pihak sekolah. Kesimpulan dari PPL yang telah dilaksanakan adalah bahwa mahasiswa praktikan memiliki pengalaman mengajar sebagai salah satu bentuk kemampuan untuk dapat menyampaikan materi pembelajaran maupun kemampuan untuk menyampaikan suatu argumen, pengarahan dan penjelasan di depan umum sehingga sangat bermanfaat untuk terjun di masyarakat nantinya sebagai pelengkap teori-teori yang telah didapatkan pada bangku kuliah.

Item Type: Article
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 08 Aug 2016 00:51
Last Modified: 08 Aug 2016 00:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38991

Actions (login required)

View Item View Item