LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) DI SMP NEGERI 2 WONOSARI PERIODE 1 JULI- 17 SEPTEMBER 2014

DHENOK WORO HAPSARI, DHENOK WORO HAPSARI (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) DI SMP NEGERI 2 WONOSARI PERIODE 1 JULI- 17 SEPTEMBER 2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DHENOK WORO HAPSARI_11205244047_PBD.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah wajib yang bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah atau lembaga, selain itu juga untuk melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. SMP Negeri 2 Wonosari yang beralamat di Jalan Veteran No. 8, Wonosari, Gunungkidul merupakan salah satu sekolah yang dijadikan lokasi KKN-PPL tahun ini. Sekolah ini memiliki fasilitas yang cukup baik sehingga dapat mendukung kegiatan belajar mengajar. Kegiatan PPL yang dilakukan antara lain melalui tahap persiapan, praktik mengajar, dan pelaksanaan. Beberapa persiapan PPL yang dilakukan antara lain kegiatan konsultasi dengan guru pembimbing dan observasi kegiatan pembelajaran. Pada tahap praktik mengajar, mahasiswa menyiapkan perangkat pembelajaran yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran. Praktik mengajar dilaksanakan pada tanggal 6 Agustus sampai 5 September 2014. Pada tahap pelaksanaan, mahasiswa diberi kesempatan mengajar sebanyak 10 kali dengan alokasi waktu masing-masing 80 menit setiap pertemuan (2 x 40 menit). Dalam kegiatan PPL di SMP Negeri 2 Wonosari, penyusun mendapat kesempatan praktik mengajar di kelas VII A, VII B, VII C, VII D,VII E, VII F dan VIII A, VIII B, VIII C, VIII D, VIII E, VIII F, VIII G. Dalam pelaksanaan PPL yang berupa praktik mengajar, situasi pembelajaran secara umum dapat terkendali, interaksi belajar mengajar dapat terkondisikan, akan tetapi masih ada beberapa permasalahan yang dihadapi pada saat pelaksanaan PPL. Seperti kurangnya fasilitas media pembelajaran berupa LCD Proyektor (Liquid Crystal Display Proyektor) pada semua kelas selain itu dalam proses pembelajaran masih sangat rendah tingkat pertisipasi dari siswa selama proses pembelajaran sehingga tak jarang ada beberapa siswa yang sulit untuk dikondisikan dalam pembelajaran di kelas. Untuk itu sangat diperlukan peranan praktikan dalam mengatasi berbagai permasalahan tersebut, antara lain dengan mempersiapkan metode dan media pembelajaran yang menarik sehingga membangkitkan ketertarikan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing, selain itu juga mendapatkan pengalaman dalam menyusun kelengkapan administrasi sekolah yang mendukung.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 05 Aug 2016 07:23
Last Modified: 01 Oct 2019 11:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38970

Actions (login required)

View Item View Item