LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEKOLAH DASAR NEGERI KEPEK PENGASIH TAHUN 2014

RIZKI NUR HASANAH, RIZKI NUR HASANAH (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEKOLAH DASAR NEGERI KEPEK PENGASIH TAHUN 2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL Rizki Nur Hasanah_11108244017.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Program PPL Universitas Negeri Yogyakarta yang dilaksanakan pada semester khusus tahun 2014 memberikan kesempatan kepada mahasiswa UNY untuk meningkatkan kemampuannya dalam bidang pendidikan. Penerapan Kurikulum 2013 telah memberikan pengaruh dan perubahan yang masih sulit diterima oleh guru dan semua pihak yang ada di sekolah. Hal itu dikarenakan oleh banyak hal salah satunya yaitu sosialisasi yang kurang dan pelatihan yang terbilang terlalu singkat. SD Negeri Kepek Pengasih merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh pihak UNY untuk menjadi lokasi PPL pada tahun 2013. Tujuan dari program PPL adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang manajerial dan pembelajaran di sekolah; memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam rangka melatih dan mengembangkan keprofesionalan dalam bidang keguruan atau pendidikan; memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, belajar, dan memahami seluk beluk sekolah dengan segala permasalahannya; serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam proses pembelajaran. Kegiatan yang dilakukan program PPL adalah mengajar di SD Negeri Kepek dari tanggal 2 Juli sampai 17 September 2014 telah memberikan banyak film dan pengalaman yang tidak didapat saat di perkuliahan. Hal itu dikarenakan mahasiswa langsung praktek dan berinteraksi dengan siswa yang ada di sekolah tersebut. Banyak keterampilan yang didapat oleh mahasiswa, terutama keterampilan dalam mengelola kelas. Dari seluruh kegiatan PPL dapat disimpulkan bahwa kegiatan tersebut telah dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi di bidang pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengenal segala permasalahan di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan keterampilan yang telah dipelajari dalam kehidupan nyata di sekolah, serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara UNY dengan sekolah yang terkait.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 05 Aug 2016 03:49
Last Modified: 01 Oct 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38909

Actions (login required)

View Item View Item