LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEKOLAH DASAR NEGERI KEPEK KECAMATAN PENGASIH

Reni Astuti, Reni Astuti (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEKOLAH DASAR NEGERI KEPEK KECAMATAN PENGASIH. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL Reni Astuti_11108244112.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan PPL merupakan kegiatan yang terkait dengan proses pembelajaran maupun kegiatan yang mendukung berlangsungnya pembelajaran. Penyelenggaraan Program PPL memberikan kesempatan belajar bagi mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman mangajar, memperluas wawasan, pelatihan, dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Pelaksanaan PPL dimulai tanggal 13 Juli sampai dengan 05 September 2014. Pelaksanaan PPL berlokasi di SD Negeri Kepek kecamatan Pengasih, kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan yang dilakukan dalam program PPL adalah mengajar mata pelajaran dasar pada kurikulum KTSP serta mengajar tematik pada kurikulum 2013. Selain kegiatan tersebut juga dilakukan berbagai kegiatan lainnya seperti membantu adminstrasi sekolah. Pada pelaksanaan mengajar di bagi dalam 3 tahapan yaitu praktek pengalaman terbimbing, praktek pengalaman mandiri, dan praktik ujian. Sebelum proses pembelajaran dilaksanakan di kelas, praktikan menyusun perangkat pembelajaran yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) beserta media yang dibutuhkan untuk membantu tercapainya tujuan pembelajaran. Dari pelaksanaan program PPL diharapkan dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang manajerial dan pembelajaran di sekolah; memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam rangka melatih dan mengembangkan keprofesionalan dalam bidang keguruan atau pendidikan; memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, belajar, dan memahami seluk beluk sekolah dengan segala permasalahannya; serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam proses pembelajaran. Dari pelaksanaan kegiatan PPL, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan PPL telah memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi di bidang pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengenal segala permasalahan di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan keterampilan yang telah dipelajari dalam kehidupan nyata di sekolah, serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara UNY dengan sekolah yang terkait.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 05 Aug 2016 03:46
Last Modified: 01 Oct 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38906

Actions (login required)

View Item View Item