Nurul , , Fitriyah (2010) PENGEMBANGAN BUKU PEDOMAN APERSEPSI (BPA) BERBASIS KOMPETENSI UNTUK PEMBELAJARAN KIMIA SMA/MA KELAS XII SEMESTER 1. S1 thesis, UNY.
Text
PENGEMBANGAN_BUKU_PEDOMAN_APERSEPSI.docx Download (11kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan pendidikan kirnia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan 13uku Pedoman Apersepsi Kimia (BPA) Kimia SMA/MA Berbasis Kompetensi untuk kelas XII semester l, kemudian menentukan kualitasnya berdasarkan penilaian 5 guru kimia sebagai reviewer. Penelitiao ini merupakan penelitiao dengan model prosedural yang berupa pengembangan buku pedornan apersepsi (BPA) kimia SMA/MA berbasis kompetensi untuk kelas XII semester 1. BPA dikembangkan berdasarkan prosedw-pengembar.gan tentang buku ajar yang diadaptasi dari prosedur pengembangan yang dikeluarkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNI'). Pengembangan BPA meliputi seluruh materi pembelajaran kimia kelas XII semester l. Kualitas BPA yang dikembangkan adalah berdasarlcan masukan dari 2 orang dosen pembimbing, 3 orang peer reviewer, dan 2 orang dosen sebagai ahli media. I'enilaian kualitas BPA dilakukan oleh 5 orang guru kimia SMA/MA Yogyakarta dengan berpedoman kepada instrumen penilaian. Insirurnen kualitas I3I'A berupa angket yang berisi 4 komponen pevilaian yang dijabarkan ke dalam 13 subkomponen dan 30 butir kriteria penilaian. Hasil penelitian ini adalah buku pedoman apersepsi kimia SMA/MA berbasis kompetensi untuk kelas XII semester 1. Skor rata-rata penilaian BPA secara keseluruhan adalah 121,8 atau dalam persentase adalah 81,2%. Kategori kualitas BPA yang dikcmbangkan adalah sangat balk (SB), sehingga BPA kimia diharapkan layak digunakan sebagai pedoman guru untuk pembelajaran kimia SMA/MA kelas XII semester 1.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 10 Aug 2012 05:51 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 15:47 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3890 |
Actions (login required)
View Item |