Emi Listiawati, Emi Listiawati (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK MUHAMMADIYAH 1 WATES 2014/2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
COVER.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (292kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (344kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (575kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (566kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (419kB) | Preview |
Abstract
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu sarana bagi mahasiswa untuk belajar dan melatih diri dalam mempersiapkan kehidupan di masyarakat. Mahasiswa diharapkan tidak hanya mampu di bidang akademik seperti yang didapatkan di perkuliahan tetapi juga mampu melaksanakan serta mengamalkan ilmu yang telah diperoleh untuk diabdikan kepada masyarakat. PPL bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengetahuan dan pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar. Kegiatan PPL ini diharapkan mahasiswa memiliki bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga kependidikan yang profesional. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program PPL pada semester khusus tahun 2014 ini adalah di lingkungan masyarakat sekolah, yaitu masyarakat SMK Muhammadiyah 1 Wates khususnya seluruh siswa SMK Muhammadiyah 1 Wates. Kegiatan PPL dilaksanakan pada tanggal 1 Juli sampai dengan 17 September 2014. Adapun kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa selama pelaksanaan PPL meliputi praktek mengajar yang mulai menggunakan kurikulum 2013, di mana mahasiswa terjun secara langsung ke lapangan atau tatap muka langsung dengan siswa di dalam kelas untuk mengajar. Kegiatan praktik mengajar dilaksanakan setiap hari Senin (Jam ke 3-4) di kelas X AP 2, (Jam ke 6-7) di kelas X AP 3 dan (Jam ke 8-9) di kelas X AP 4 Program Keahlian Administrasi Perkantoran. Pada kurikulum 2013 ini kelas X praktikan mengampu mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran. Dengan diterjunkannya mahasiswa di lingkungan masyarakat sekolah, diharapkan mahasiswa mendapatkan pengalaman tentang pelaksanaan proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan atau kependidikan. Secara umum, program-program PPL yang telah direncanakan oleh tiap mahasiswa dapat berjalan dengan baik dan lancar, meskipun ada sedikit hambatan dalam pelaksanaannya. Namun demikian, hambatan tersebut dapat teratasi berkat hubungan dengan guru pembimbing, pihak sekolah dan sarana prasarana yang mendukung dalam pelaksanaan pembelajaran. Dengan adanya kegiatan PPL ini, praktikan mendapat pengalaman nyata yang dapat menjadi landasan bagi mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya dalam dunia pendidikan serta bekal untuk membentuk keprofesionalannya.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 05 Aug 2016 02:31 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 12:00 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38870 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |