Peran Guru Matematika dalam Mewujudkan Siswa yang Konstruktif melalui Pemecahan Masalah

Sugiman, Sugiman (2015) Peran Guru Matematika dalam Mewujudkan Siswa yang Konstruktif melalui Pemecahan Masalah. In: Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2015, 2015, Yogyakarta, Indonesia.

[img]
Preview
Text
Utama-2.pdf

Download (564kB) | Preview

Abstract

Menyiapkan generasi sekarang untuk hidup di masa mendatang merupakan suatu keharusan. Dalam melaksanakan tugas tersebut, setiap guru matematika dapat mengambil peran sesuai dengan tugas yang diembannya, yaitu mengajarkan siswa untuk belajar matematika secara konstruktif dalam bingkai pemecahan masalah. Guru yang kreatif, siswa yang konstruktif, dan matematika yang kekar (rigor) merupakan tiga unsur utama dalam proses pembelajaran. Ketiga unsur ini akan bersinergi secara efektif melalui media perantara. Guru merupakan pengelola utama pembelajaran yang mampu menjembatani siswa dalam memahami matematika sedangkan siswa sendiri merupakan pelaku utama yang aktif dalam membangun sendiri pemahaman matematikanya. Dalam prakteknya guru menghadapi tantangan yang berat untuk menjadi fasilitator sekaligus motivator bagi siswanya dalam menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah. Tantangan ini bertambah menantang manakala guru menerapkan pendekatan saintifik yang idealnya bermula dari proses siswa mengamati kemudian dilanjutkan dengan siswa menanya sebagai titik berangkat dari proses pemecahan masalah. Makalah ini membahas seputar fenomena pembelajaran matematika di kelas yang berfokus pada mengungkap peran guru matematika dalam melaksanakan tugasnya mendidik siswa yang konstruktif melalui pelajaran matematika.

Item Type: Conference or Workshop Item (Keynote)
Uncontrolled Keywords: peran guru, siswa yang konstruktif, pemecahan masalah
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Administrator
Date Deposited: 04 Aug 2016 15:05
Last Modified: 14 Oct 2019 03:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38849

Actions (login required)

View Item View Item