LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN Lokasi : SMK Muhammadiyah Wonosari

Indah Istiqomah Ningtias, Indah Istiqomah Ningtias (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN Lokasi : SMK Muhammadiyah Wonosari. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
INDAH ISTIQOMAH 10202244058 PEND.BAHASA INGGRIS.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta sebagai suatu kegiatan latihan kependidikan yang bersifat intrakurikuler yang dilaksanakan oleh Praktikan program studi kependididkan. Praktikan diharapkan dapat mengembangkan dan mengaplikasikan kemampuan yang dimiliki dalam kehidupan nyata di sekolah. Sebelum kegiatan PPL dilaksanakan, praktikan terlebih dahulu menempuh kegiatan sosialisasi yaitu pra PPL melalui pembelajaran mikro dan kegiatan observasi di sekolah. Kegiatan pembelajaran mikro dilakukan dengan teman sebaya maupun siswa. Kegiatan Pra PPL merupakan kegiatan sosialisasi PPL lebih awal kepada praktikan melalui observasi PPL ke sekolah. Observasi yang dilakukan meliputi observasi proses pembelajaran dan kegiatan manajerial, serta observasi potensi pengembangan sekolah. Dalam kegiatan PPL ini, praktikan diterjunkan ke sekolah untuk mendapatkan pengalaman langsung yang berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Dengan pengalaman yang diperoleh tersebut diharapkan dapat digunakan sebagai bekal calon guru yang sadar akan tugas dan tanggung jawabnya sebagai tenaga profesional kependidikan. Kegiatan observasi di sekolah bertujuan agar praktikan memperoleh gambaran mengenai proses pembelajaran yang yang dilakukan di sekolah beserta kelengkapan sarana dan prasarana yang menunjang proses pembelajaran. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) diharapkan dapat menjadi bekal bagi praktikan sebagai wahana pembentukan tenaga kependididkan profesional yang siap memasuki dunia pendidikan sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013 serta menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan atau calon guru yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan profesional, mengintegrasikan dan mengimplementasikan ilmu yang telah dikuasai ke dalam praktek keguruan dan atau lembaga kependidikan, serta mengkaji dan mengembangkan praktek keguruan dan praktek kependidikan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Aug 2016 08:09
Last Modified: 01 Oct 2019 12:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38826

Actions (login required)

View Item View Item