LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK MUHAMMADIYAH WONOSARI 2 JULI - 17 SEPTEMBER 2014

Diyan Yudanto, Diyan Yudanto (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK MUHAMMADIYAH WONOSARI 2 JULI - 17 SEPTEMBER 2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DIYAN YUDANTO 11601244011 PJKR.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta mempunyai tugas dan misi menyiapkan atau menghasilkan tenaga kependidikan yang memiliki sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai tenaga profesional. Dalam menyiapkan tenaga pendidikan tersebut, UNY memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi mahasiswa tentang proses belajar mengajar melalui mata kuliah Pendidikan Profesi Guru, Psikologi Pendidikan, Pengembangan Kurikulum, Metodologi Pembelajaran Penjas, Evaluasi Pembelajaran Penjas, Pengajaran Mikro, dan PPL. PPL adalah kegiatan latihan kependidikan yang bersifat wajib dilaksanakan oleh mahasiswa jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi dalam rangka memenuhi persyaratan sebagai tenaga kependidikan yang professional sesuai dengan tugas dan misi universitas. Lokasi praktikan melaksanakan PPL adalah di SMK Muhammadiyah Wonosari yang beralamatkan di Jl. Alun-alun Barat No.11, Wonosari, Kepek, Gunungkidul, 55813. Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan terpadu dan saling mendukung satu dengan lainnya dalam rangka mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Penyelenggaraan program KKN-PPL secara terpadu bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar yang bagus dan bermutu, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan keterampilan, kemandirian, tanggungjawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Tujuan lain adalah memberikan gambaran dan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam hal alokasi waktu, perencanaan program, pengelolaan, dan pendanaan yang efisien dan efektif. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu wadah untuk menerapkan/mengaplikasikan ilmu yang selama ini telah dipelajari dalam bidang keahlian maupun ilmu keguruan yang berkaitan dengan peserta didik dalam proses viii belajar mengajar. Selain itu praktik mengajar juga bertujuan untuk menciptakan calon-calon pendidik yang profesional sesuai dengan bidangnya. Praktik mengajar berperan dalam memberi bekal bagi penulis dalam dunia pendidikan pada umumnya dan sebagai guru pada khususnya. Praktik pengalaman lapangan atau praktik mengajar ini mulai dilaksanakan pada tanggal 02 Juli s.d. 17 September 2014. Dalam praktik mengajar mahasiswa terlebih dahulu melaksanakan persiapan pembelajaran, yaitu membuat perencanaan pembelajaran dimulai dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran sampai dengan evaluasi yang dilaksanakan. Kemudian melakukan koordinasi dan konsultasi kepada guru pembimbing di sekolah tersebut. Dalam bimbingan PPL, mahasiswa (penulis) mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan pembelajaran di kelas XII Multi Media 2, XII Animasi, XII Jasa Boga dengan Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan dengan rencana alokasi waktu adalah 18 Jam dengan masing-masing jamnya adalah sebanyak 45 menit. Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum KTSP dan penulisan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya (RPP) sesuai dengan format kurikulum KTSP. Penggunaan metode pembelajaran yang diterapkan adalah dengan komando dan demonstrasi. Sedangkan media yang digunakan adalah lapangan, cone, bola, dan net. Kegiatan praktik mengajar dilakukan di kelas XII Multi Media 2, XII Animasi, XII Jasa Boga. Dari waktu yang diberikan praktikan dapat mengajar sebanyak 9 kali tatap muka. Materi Pelajaran yang dapat diajarkan adalah Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan. Adapun materi pokok yang diampu pada kelas XII Multi Media 2, XII Animasi, XII Jasa Boga pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan adalah Permainan bola besar, permainan bola kecil,Atletik,Beladiri,Kebugaran Jasmani,senam ritmik,renang . Materi Pokok yang diampu pada materi pembelajaran permainan bola besar adalah Permainan sepak bola, Permainan bola basket, Permainan bola voli. Permainan bola kecil meliputi Bulutangkis, Atletik meliputi lari estafet, Beladiri meliputi Pencak Silat, Kebugaran jasmani meliputi latihan daya tahan otot jantung dan paru, Senam ritmik meliputi rangkaian gerak senam ritmik, Renang meliputi gerak renang gaya dada. Alokasi waktu untuk materi pokok tiap pertemuannya adalah 2 x 45 menit. Pada pelaksanaan PPL praktikan juga mendapat kesempatan untuk belajar membuat perangkat pembelajaran. Praktikan merasa bahwa dalam Praktik Pengalaman Lapangan ini mendapat banyak pengalaman tentang dunia kependidikan secara lebih dekat. Program kerja yang dirancang pada awal kegiatan PPL dapat dilaksanakan dengan lancar. Secara garis besar, kegiatan PPL berlangsung secara baik, mulai dari observasi, pembuatan administrasi mengajar, Rencana Pokok Pembelajaran, proses belajar mengajar ix hingga evaluasi dan penyusunan laporan. Hambatan yang ada masih dalam taraf wajar, yang diharapkan dapat memberikan pengalaman yang berharga bagi praktikan untuk lebih meningkatkan kualitas, terutama di bidang pendidikan. Adapun saran dari penyusunan agar dari pihak sekolah lebih mengembangkan fasilitas yang bersangkutan langsung dengan proses pengajaran, bagi pihak UNY supaya pembekalan kepada mahasiswa PPL terkait dengan proses pembelajaran lebih ditingkatkan, sehingga untuk mahasiswa angkatan selanjutnya dapat memahami dan lebih rajin mempelajari tentang ilmu-ilmu kependidikan supaya kegiatan PPL untuk tahun berikutnya berlangsung lebih baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Aug 2016 07:43
Last Modified: 01 Oct 2019 11:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38817

Actions (login required)

View Item View Item