LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA Jl. A.M Sangaji 47 Yogyakarta

Yanuardi Yogi Prabawa, Yanuardi Yogi Prabawa (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA Jl. A.M Sangaji 47 Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
YANUARDI YOGI P_11501244020.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan langkah strategis untuk melengkapi kompetensi mahasiswa calon tenaga kepndidikan. PPL mahasiswa dapat mendarmabaktikan ilmu akademisnya di lapangan. Sebaliknya, mahasiswa juga dapat belajar dari lapangan. Dengan demikian, mahasiswa dapat memberi dan menerima (give and take) berbagai keilmuan yang dapat menghantarkan mahasiswa menjadi calon tenaga pendidik profesional. Guru sebagai tenaga profesional bertugas merencanakan dan melaksanakan pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan bimbingan dan pelatihan, melakukan penelitian, membantu mengembangkan profesionalitasnya. (Depdiknas, 2004:8). Rangkaian kegiatan KKN-PPL UNY 2014 SMK N 2 Yogyakarta telah terlewati. Berawal dari proses panjang sejak penerjunan oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Beranjak kemudian melewati tempaan mata kuliah Pembelajaran Mikro, observasi lingkungan pembelajaran, hingga praktik belajar mengajar yang sebenarnya di SMK N 2 Yogyakarta Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) Dalam pelaksanaan praktik mengajar, ada beberapa hal mahasiswa praktikan persiapkan. Administrasi guru, silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), soal evaluasi merupakan hal-hal yang menjadi urgensi dari seorang guru. Oleh karena itu, maka mahasiswa praktikan dapat mengetahui berbagai macam hal mengenai pengelolaan pembelajaran di sekolah beserta administrasinya. Pada Jurusan Teknik Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL), mahasiswa praktikan mengampu 2 mata pelajaran untuk 1 kelas yaitu mata pelajaran PDE-1 (Instalasi Listrik Dasar) dan PDE-2 (Kerja Bangku). Mahasiswa praktikan mengajar selama 12 kali pertemuan dengan rincian 6 kali pertemuan untuk PDE-1 dan 6 kali pertemuan untuk PDE-2.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Profesionalitas, Guru, PPL.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Aug 2016 07:10
Last Modified: 01 Oct 2019 12:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38802

Actions (login required)

View Item View Item