LAPORAN KEGIATAN PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK BHAKTI KARYA 1 MAGELANG

Prima Arif Maulana, Prima Arif Maulana (2014) LAPORAN KEGIATAN PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK BHAKTI KARYA 1 MAGELANG. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL PRIMA ARIF MAULANA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Praktik pengalaman lapangan merupakan salah satu bekal mahasiswa kependidikan sebelum kelak terjun langsung dalam dunia kependidikan. Program KKN-PPL merupakan kegiatan terpadu sehingga pelaksanaannya saling terintegrasi dan saling mendukung satu dengan yang lainnya. Tujuan yang ingin dicapai kedua program terpadu tersebut, yaitu mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik atau tenaga kependidikan. Program KKN-PPL ini mengupayakan suatu ketrampilan kependidikan yang diperoleh di kampus agar di kembangkan mahasiswa di tempat praktik. Dalam pelaksanaannya Kuliah Kerja Nyata (KKN) dikelompokkan dalam dua macam program, yaitu program kelompok dan program individu. Program utama dalam KKN individu, yaitu kegiatan fun English dan pelatihan English Debate. Kegiatan praktik pengalaman lapangan kali ini mahasiswa memperoleh tempat praktik diSMK Bhakti Karya 1 Magelang. PPL dimulai dari tanggal 02 Juli - 17 September 2013. Kegiatan PPL yang dilaksanakan meliputi : praktik mengajar, pembuatan administrasi guru meliputi pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, dan media pembelajaran. Kegiatan yang dilakukan dalam PPL adalah mengajar pada mata pelajaran Bahasa Inggris pada kelas XI Akuntansi dan XI Teknik Penyiaran Radio. Sebagai sumber materi ( referensi ) mahasiswa menggunakan buku panduan pelajaran Bahasa Inggris SMA/MA/SMK.MAK Kelas vii XI Semester 1. Hasil pembelajaran diketahui dari nilai hasil evaluasi berupa ulangan harian. Secara umum kegiatan PPL yang telah disusun dan direncanakan berlangsung dengan lancar. Sebagaimana yang menjadi tujuan dari kegiatan PPL dimana mahasiswa dituntut untuk belajar bersosialisasi dengan lingkungan pembelajaran sekolah, maka kegiatan ini dirasakan sangat bermanfaat bagi penyusun. Selain itu kegiatan ini merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk menerapkan teori- teori pembelajaran yang selama ini diterima di bangku kuliah pada kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Aug 2016 07:00
Last Modified: 01 Oct 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38795

Actions (login required)

View Item View Item