LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SMK BHAKTI KARYA 1 MAGELANG

Meta Asri Saraswati, Meta Asri Saraswati (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SMK BHAKTI KARYA 1 MAGELANG. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Meta.Lap-PPL.fix-max.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

SMK Bhakti Karya 1 Magelang merupakan Sekolah Menengah Kejuruan yang berlokasikan di kota Magelang dengan letak yang cukup strategis. SMK Bhakti Karya 1 Magelang telah dilengkapi dengan fasilitas belajar mengajar yang cukup memadai meskipun masih ada beberapa fasilitas yang memerlukan perbaikan. SMK Bhakti Karya 1 Magelang memiliki beberapa ekstrakurikuler yang akan membantu siswa dalam mengembangkan minat dan bakatnya. Selain itu, SMK Bhakti Karya 1 Magelang memiliki Sumber Daya Manusia yang cukup memadai dalam rangka pengembangan potensi siswa dan sekolah. Mahasiswa PPL telah menyusun beberapa kegiatan PPL yang akan dilaksanakan di SMK Bhakti Karya Magelang selama 2,5 bulan yakni dimulai pada tanggal 1 Juli sampai dengan 17 September 2014. Kegiatan PPL tersebut diantaranya mengajar kelas XI, menggantikan guru mengajar di kelas X-AP dan XII-AK, membantu persiapan lomba debat bahasa Inggris, pembuatan media pembelajaran seperti game board dan modul. Mahasiswa PPL mengajarkan materi mengenai Suggestion-Offers, Opinion, and Hopes, Wishes, and Dreams. Program kerja mahasiswa PPL UNY 2014 telah dapat diselesaikan dengan baik sesuai dengan waktu yang telah ditentukan yakni dari bulan Juli sampai dengan bulan September 2014. Selama bulan Juli sampai dengan bulan September 2014 tersebut, mahasiswa PPL telah dapat menyelesaikan tugas mengajar sebanyak 9 kali, menggantikan guru mengajar sebanyak 2 kali, pembuatan media pembelajaran “game board” sebanyak 4 paket. Selain itu, mahasiswa PPL telah dapat menyelesaikan administrasi guru dengan baik. Program yang diselenggarakan pada kegiatan PPL disusun untuk membantu sekolah dalam meningkatkan proses pengajaran serta proses belajar siswa. Selain itu, juga untuk melatih praktikan sebelum terjun ke lapangan kerja nantinya. Dengan demikian, praktikan memiliki keterampilan dalam manajerial kelas dan sekolah sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan input dan output yang handal.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Aug 2016 06:54
Last Modified: 01 Oct 2019 12:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38788

Actions (login required)

View Item View Item