Laporan Individu PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Finda Dwi Kurniawati, Finda Dwi Kurniawati (2014) Laporan Individu PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR-ABSTRAK FINDA.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SAMPUL LAPORAN PPL FINDA.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I, II, III FINDA.pdf

Download (163kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan strategi untuk melengkapi kompetensi mahasiswa sebagai calon tenaga pendidik. PPL bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan adminitrasi pendidikan dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Melalui PPL mahasiswa dapat mendarma baktikan ilmu akademisnya di lapangan dan juga dapat belajar dari lapangan. PPL juga berfungsi sebagai salah satu cara melatih mental mahasiswa di depan dan diluar kelas. Selain itu, PPL dapat menambah pengalaman dan wawasan dalam proses KBM, agar nantinya mahasiswa mempunyai bekal untuk terjun kedalam dunia pendidikan sebagai tenaga pendidik. Praktik Pengalaman Lapangan telah dilaksanakan di SMP Negeri 1 Jogonalan mulai tanggal 2 Juli hingga 17 September 2014. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi praktik mengajar, pembuatan media, dan pembuatan RPP serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah. Praktik mengajar dimulai dari tanggal 06 Agustus 2014 sampai tanggal 06 September 2014. Media yang digunakan adalah laptop, speaker, gambar yang berkaitan dengan materi pembelajaran. Kegiatan praktik mengajar dilaksanakan setiap hari Senin (Jam ke 4 dan 5) di kelas VII-C, Selasa (Jam ke 4 dan 5) di kelas VII-G dan(Jam ke 6 dan 7) di kelas VII-E , Rabu (Jam ke 1 dan 2) di kelas VII-A dan (Jam ke 3 dan 4) di kelas VII-F, Jumat (Jam ke 3 dan 4) di kelas VII-D, Sabtu (Jam ke 4 dan 5) di kelas VII-B mengajar pelajaran Bahasa Jawa dengan materi Pacelathon, Tembung Lingga dan Andhahan, Cerita Rakyat Legenda Rawa Pening, Dialog, Wara-Wara (Pengumuman), Geguritan, Cerita Wayang Ramayana dan Menelpon. Pengajaran dilakukan dengan cara mengajar individu. Berdasarkan hasil pelaksanaan, program PPL dapat berjalan lancar meskipun ada sedikit hambatan dalam pelaksanaannya. Namun demikian hambatan tersebut dapat teratasi berkat hubungan dengan guru pembimbing dan pihak sekolah. Namun, hal ini secara umum tidak mempengaruhi kinerja praktikan dalam melaksanakan programnya. Kelancaran pelaksanaan program PPL UNY 2014 ini tak lepas dari adanya kerjasama yang baik antara pihak mahasiswa, sekolah, dan siswa SMP Negeri 1 Jogonalan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, praktik, mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Aug 2016 06:50
Last Modified: 01 Oct 2019 12:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38783

Actions (login required)

View Item View Item