LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA Semester Khusus Tahun Akademik 2014/2015 2 Juli 2014 – 17 September 2014

Sapitri Januariyansah, Sapitri Januariyansah (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA Semester Khusus Tahun Akademik 2014/2015 2 Juli 2014 – 17 September 2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SAPITRI JANUARIYANSYAH_11503244024.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh Mahasiswa S1 kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Praktik pengalaman lapangan memiliki bobot sebayak 3 SKS lapangan. Praktik pengalaman lapangan mempunyai mata kuliah prasyarat yaitu mata kuliah mikro teaching dan beberapa mata kuliah pendidikan yang lainnya. Praktik pengalaman lapangan melibatkan instansi lembaga lain yang bekerja sama dengan Universitas Negeri Yogyakarta. Pada kesempatan kali ini praktikan diberi kesempatan untuk melakukan praktik pengalaman lapangan di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Sebelum melakukan PPL terlebih dahulu dilaksanakan observasi sekolah bermaksud untuk mengetahui kondisi pada saat mengajar di kelas, iklim mengajar, karakter siswa dan media pembelajaran yang digunakan. Kegiatan PPL dilakukan tanggal 2 Juli sampai 17 September 2014. Sebelum mengajar praktikan membuat administrasi guru berupa RPP, silabus, prota, prosem dan lain-lain. Mata diklat yang diampu praktikan adalah Gambar Teknik kelas X jurusan Teknik Pemesinan dan Teknik Kendaraan Ringan. Dalam satu kali tatap muka adalah 2 jam pelajaran dan terjadwalkan hari Senin, Selasa, Kamis, dan Jumat. Pada akhir rangkaian PPL, praktikan melakukan penilaian terhadap siswa. Hasil dari penilaian diperoleh untuk kelas X TP dan TKR yang didapatkan sudah memenuhi KKM. ini membuktikan bahwa praktikan telah mengajar dengan baik. Sedangkan penilaian praktikan didapat melalui pengamatan yang dilakukan pembimbing PPL sekolah pada saat mengaja dan pada saat menyusun persiapan pembelajaran, seperti RPP, materi pembelajaran, strategi pembelajaran, model pembelajaran, dan sebagainya. Dari kegiatan PPL ini dapat diambil pengalaman secara nyata untuk menjadi seorang guru baik dalam persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, evaluaisi, menghadapi siwa-siwa yang berbeda-beda karakternya dan menghadapi berbagi hambatan yang mengahdang pada saat pebelajaran untuk mejadi guru yang professional..

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Gambar Teknik , Penilaian, Teknik Pemesinan, Teknik Kendaraan Ringan, SMK Negeri 2 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Aug 2016 06:09
Last Modified: 01 Oct 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38758

Actions (login required)

View Item View Item