LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP N 3 WONOSARI 01 JULI - 17 SEPTEMBER 2014

Muhammad Aziz Nur Sariffudin, Muhammad Aziz Nur Sariffudin (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP N 3 WONOSARI 01 JULI - 17 SEPTEMBER 2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Muhammad Aziz Nur Sariffudin 11601244102.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan terpadu dan saling mendukung satu dengan lainnya dalam rangka mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Penyelenggaraan program PPL secara terpadu bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar yang bagus dan bermutu, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan keterampilan, kemandirian, tanggungjawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Tujuan lain adalah memberikan gambaran dan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam hal alokasi waktu, perencanaan program, pengelolaan, dan pendanaan yang efisien dan efektif. Pelaksanaan PPL dilaksanakan sejak tanggal 1 Juli hingga 17 September 2014 dengan didahului oleh observasi dan analisis situasi guna perumusan program PPL. Dalam bimbingan PPL, mahasiswa (penulis) mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan pembelajaran di kelas VIII C, VIII D, VIII E, VIII F, IX A, IX B, IX C, IX D, IX E, IX F. Mahasiswa melakukan praktik mengajar sebanyak 82 kali tatap muka yaitu meliputi pembimbingan dan pemberian materi. Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum 2013 untuk kelas VIII dan kelas IX masih memakai kurikulum KTSP. Sistem yang digunakan adalah sistem pembelajaran Kurikulum 2013, begitupun dengan penulisan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya (RPP). Penggunaan metode pembelajaran yang diterapkan adalah dengan metode ceramah, diskusi, permainan, latihan soal, dan kerja kelompok (diskusi). Sedangkan media yang digunakan adalah kartu berwarna, kartu gambar imajinasi, latihan soal, papan tulis, spidol, lembar kerja dan mengadakan post test untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam menyerap materi pelajaran. Materi yang disampaikan dalam pelaksanaan PPL adalah materi unggah ungguh, cangkriman parikan, dan cerita pengalaman pribadi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Aug 2016 04:11
Last Modified: 01 Oct 2019 12:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38719

Actions (login required)

View Item View Item