LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) SD NEGERI JOMBOR LOR

RACHMAD ABDUL ASIS, RACHMAD ABDUL ASIS (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) SD NEGERI JOMBOR LOR. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER INDIVIDU.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Laporan Individu.pdf

Download (327kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah bagian penting dan merupakan prekondisi dari system penyiapan guru professional. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan secara terstruktur dan mempunyai misi sebagai wahana pembentukan dan peningkatan kemampuan keprofesionalan. Program Pengalaman Lapangan merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktikkan beragam teori yang mereka terima di bangku kuliah. Pada saat kuliah mehasiswa menerima ilmu yang bersifat teoritis, oleh karena itu, pada saat PPL ini mahasiswa berkesempatan mempraktikkan beragam teori – teori tersebut dan sekaligus menimba ilmu secara empiric, tidak sekedar mengetahui suatu teori, tetapi lebih jauh lagi mereka juga memiliki kemampuan untuk menerapkan teori tersebut, tidak hanya dalam situasi simulasi tetapi dalam situasi sesungguhnya. Kegiatan PPL merupakan pelaksanaan kegiatan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang dimiliki oleh mahasiswa yaitu dalam bidang pendidikan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2014 yang berlokasi di SD Negeri Jombor Lor, mulai dilaksanakan pada tanggal 2 Juli 2014 sampai dengan tanggal 17 September 2014. Dalam hal ini Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) melakjukan kegiatan mengajar baik bersifat tebimbing maupun bersifat mandiri. Dlama kegiatan PPL ini mahasiswa menjalankan program mengajar minimal 8 kali pertemuan. Program mengajar menggunakan metode cermah, demontrasi, Tanya jawab, diskusi dan persentasi. Untuk mendukung yang digunakan saat mengajar dibutuhkan media pendukung meliputi gambar serta paket dan LKS. Dengan hasil observasi pembelajaran yang ada maka dirancang berbagai program PPL yang akan dilaksanakan antara lain: Praktik mengajar di kelas dan pembuatan RPP untuk setiap pertemuan. Pada kesempatan ini praktikan mengajar mata pelajaran Pendidiakn Jasmani dan kesehatan yang masing – masing 13 kali pertemuan tatap muka di kelas I, II, III, IV, V dan kelas VI. Adapun beberapa hambatan pada waktu mengajar yaitu pengelolaan Kelas – kelas siswa sulit dikendalikan. Tetapi praktikkannya selalu berusaha mengatasi agar kegiatan PPL tetap terlaksana dengan baik. Dengan adanya kegiatan PPL ini, praktikan mendapat bekal pangalaman dan gambaran yang nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan. Adanya kerjasama, kerja keras, disiplin, akan sangat mendukung terlaksananya program - program PPL dengan baik. Dengan terselesaikanya kegiatan PPL ini diharapkan dapat terciptanya tenaga pendidik yang professional dan berkualitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Aug 2016 03:28
Last Modified: 01 Oct 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38696

Actions (login required)

View Item View Item