LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SMK N 2 YOGYAKARTA JL. AM SANGAJI 47, YOGYAKARTA PERIODE 01 JULI - 17 SEPTEMBER 2014

YOVITA CINDY ARDIYANTI, YOVITA CINDY ARDIYANTI (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SMK N 2 YOGYAKARTA JL. AM SANGAJI 47, YOGYAKARTA PERIODE 01 JULI - 17 SEPTEMBER 2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
i ii iii iv v vi.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
yovi jadiiii - polio.pdf

Download (427kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di SMK N 2 Yogyakarta. Kegiatan PPL ini bertujuan untuk peningkatan keterampilan dan pemahaman mengenai berbagai aspek kependidikan dan pemberian berbagai bentuk program layanan bimbingan dan konseling yang dapat diberikan oleh seorang guru pembimbing, dalam rangka memenuhi persyaratan pembentukan tenaga kependidikan yang bertugas memberikan layanan bimbingan di sekolah yang profesional. Dalam pelaksanaan PPL program studi Bimbingan dan Konseling, mahasiswa praktikan melakukan beberapa kegiatan yang berkaitan dengan layanan Bimbingan dan Konseling di sekolah, yaitu memberikan bimbingan kelas, bimbingan kelompok, membuat program pelaksanaan PPL, analisis masalah siswa berdasarkan DCM (Daftar Cek Masalah) yang dijadikan sebagai dasar pemberian layanan bimbingan dan konseling pada siswa. Analisis hubungan sosial diantara siswa berdasarkan sosiometri. Melakukan konseling individu, melakukan administrasi bimbingan dan konseling, rekapitulasi data pribadi siswa, serta layanan informasi maupun orientasi dengan pembuatan dan pengefektifan papan bimbingan Dari kegiatan-kegiatan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa kegiatan PPL ini bertujuan memberikan pengalaman kepada mahasiswa tentang proses bimbingan dan konseling, keguruan maupun kependidikan yang berinteraksi langsung dengan kehidupan peserta didik serta melatih profesionalisme sebagai guru Bimbingan dan Konseling. Selain tujuan tersebut, kegiatan PPL juga melatih mahasiswa untuk mampu berinteraksi, bersosialisasi, dan produktif dalam dunia kerja, menciptakan hal baru, terutama dalam menyesuaikan alur kerja sesuai dengan jenis pekerjaannya masing-masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Aug 2016 03:21
Last Modified: 01 Oct 2019 12:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38692

Actions (login required)

View Item View Item