Manajemen Pembelajaran Bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Sleman

Nur, Ayuningtyas Kusfyan (2011) Manajemen Pembelajaran Bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ayuningtyas-kusfyan-nur-09703254004.swf

Download (52MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi mengenai manajemen pembelajaran bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Sleman yang meliputi: (1) perencanaan pembelajaran bahasa Inggris, (2) pengorganisasian pembelajaran, (3) pelaksanaan pembelajaran, dan (4) evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan guru bahasa Inggris. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data yang digunakan adalah mengembangkan kategori dan pengkodean. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Perencanaan pembelajaran yang dilakukan guru yaitu menyusun RPP, Silabus, Promes, dan Prota. Kendala yang dihadapi guru yaitu adanya keterbatasan waktu untuk menyusun RPP yang sesuai dengan karakteristik siswa SMA Negeri 1 Sleman. Solusi yang dilakukan guru yaitu menggunakan RPP dari hasil MGMP. (2) Pengorganisasian kelas yang dilakukan guru yaitu dengan membentuk tempat duduk berjajar dan berkelompok. Kendala yang dihadapi yaitu siswa-siswa sering mengeluh jika pembelajaran berkelompok tidak sekelompok dengan teman akrabnya dan siswa merasa malu jika metode role-play dilakukan diluar kelas. Solusi yang dilakukan adalah guru melakukan diskusi pada siswa untuk mencari solusi yang terbaik dan bersikap demokratis. (3) Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru tidak terlalu sesuai seperti di dalam RPP. Kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan KBM yaitu siswa lebih tertarik pada topik pembicaraan lain, masih ada siswa yang mengalami kesulitan belajar dan adanya jadwal pelajaran bahasa Inggris setelah jam pelajaran olahraga sehingga waktu belajar mundur. Solusi yang dilakukan guru yaitu dengan melakukan pendekatan situasional, memberikan surprise pada siswa sehingga fokus pada proses KBM, menggunakan metode mengajar yang bervariasi, memberikan bimbingan pada siswa yang masih mengalami kesulitan, dan mengefektifkan waktu yang ada. (4) Evaluasi pembelajaran yang dilakukan guru meliputi evaluasi pada aspek Reading, Listening, Speaking, dan Writing dengan menggunakan alat evaluasi berupa tes tertulis, tes lesan, dan tes presentasi. Kendala yang dihadapi guru adalah banyaknya siswa yang takut berbicara karena belum lancar berbahasa Inggris. Solusinya guru sering memberi latihan speaking dan memotivasi siswa agar berbicara Inggris tanpa takut salah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: manajemen pembelajaran, bahasa Inggris
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2016 02:19
Last Modified: 29 Jan 2019 08:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38670

Actions (login required)

View Item View Item