LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY 2014 LOKASI SMK 17 MAGELANG Jl. Elo Jetis No.17 Kedungsari, Magelang Utara

Lita Aviyanti, Lita Aviyanti (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY 2014 LOKASI SMK 17 MAGELANG Jl. Elo Jetis No.17 Kedungsari, Magelang Utara. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh dalam setiap jenjang S-1 kependidikan. PPL yang berhubungan langsung dengan peserta didik merupakan implementasi nyata dari mata kuliah Micro Teaching yang telah diajarkan dan merupakan media untuk menerapkan dan mentransfer ilmu yang selama ini telah dipelajari. Sebelum pelaksanaan PPL, pembekalan PPL dilaksanakan agar mahasiswa mempunyai gambaran dalam pelaksanaan PPL di sekolah. Selain itu, mahasiswa diberi kesempatan untuk melakukan observasi terhadap proses pembelajaran serta kondisi sekolah sebelum penerjunan PPL. Kegiatan observasi dilakukan di bulan Maret 2014. Observasi pra-PPL menyangkut perangkat pembelajaran (meliputi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, silabus, dan RPP), proses pembelajaran (meliputi cara membuka pelajaran, menyajikan materi, metode pembelajaran, penggunaan bahasa, penggunaan waktu, gerak, cara memotivasi siwa, teknik bertanya, teknik penguasaan kelas, penggunaan media, bentuk dan cara evaluasi, serta menutup pelajaran), dan perilaku siswa, baik di dalam maupun di luar kelas. Dalam pelaksanaan PPL, penulis mencoba mengajarkan materi sesuai dengan bidang keahliannya yaitu Bahasa Inggris. Pembagian jadwal mengajar disesuaikan dengan jadwal mengajar guru pembimbing bahasa Inggris. Persiapan mengajar yang dibutuhkan berupa rencana pembelajaran dan pembuatan media yang sesuai dan memang dibutuhkan dalam usaha memperlancar proses belajar mengajar. Rencana pembelajaran dibentuk sesuai dengan Kurikulum 2013. Semua kegiatan PPL secara keseluruhan dapat dilaksanakan oleh penulis. Kegiatan PPL menyangkut observasi dalam kelas, mengajar, evaluasi pembelajaran, serta melakukan kegiatan tambahan untuk mendukung proses kegiatan mengajar di sekolah. v Praktik mengajar dilaksanakan sebanyak 8 kali di kelas X.AK 1, XI.AK 1 dan XI.AK 2, yang dimulai pada tanggal 11 Agustus sampai dengan 3 September 2014 dengan kegiatan tatap muka sebanyak 2 kali pertemuan tiap minggu pada hari Senin dan Rabu. Setiap pertemuan berdurasi satu setengah jam pelajaran (satu jam pelajaran adalah 45 menit). Sebelumnya penulis membuat persiapan (perangkat pembelajaran) yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), media pembelajaran yang dibutuhkan dalam kegiatan belajar mengajar, serta evaluasi pembelajaran siswa. Selain praktik mengajar sesuai dengan bidangnya, praktikan juga melakukan kegiatan tambahan untuk mendukung proses kegiatan belajar mengajar di sekolah. Praktikan turut membantu proses kegiatan di dalam bidang Kewirausahaan, Kearsipan dan juga Pelatihan dance. Dengan Praktik Pengalaman Lapangan ini penulis mendapat pengalaman dalam pembelajaran secara nyata di dalam kelas beserta permasalahan kependidikan di sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Aug 2016 01:18
Last Modified: 01 Oct 2019 12:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38647

Actions (login required)

View Item View Item