LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SLB AUTISMA DIAN AMANAH

Santi Chandra Titisari, Santi Chandra Titisari (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SLB AUTISMA DIAN AMANAH. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL SANTI CHANDRA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam program studi pendidikan, penyelenggaraan mata kuliah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mengacu pada empat kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru, yakni: kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Alur pengelolaan PPL PLB UNY dimulai dari syarat wajib lulus dalam PPL I sebagai pendalaman kasus kemudian dilanjutkan dengan pembekalan PPL 2 yang diselenggarakan oleh universitas. Setelah dilaksanakan pembekalan kegiatan dilanjtkan dengan ujian pembekalan dan berlangsungnya PPL 2 sesuai sekolah yang telah ditentukan. Selama mahasiswa melakukan PPL 2, kegiatan tersebut dimonitooring oleh guru pembimbing dan DPL. Kegiatan PPL diakhiri dengan Evaluasi yang dilakukkan oleh Guru Pembimbing dan DPL PPL 2. Program kegiatan PPL 2 dilaksanakan mulai tanggal 2 Juli 2014 sampai dengan 17 September 2014. Mahasiwa PPL 2 memperoleh tugas mempersiapkan kegiatan praktik mengajar di dalam kelas. Guru memberi tanggung jawab penuh dalam pengajaran dan mengelola kelas. Tanggung jawab yang diberikan kepada mahasiswa PPL 2 juga tidak terlepas dari program-program sekolah yang telah ada. Selama kegiatan PPL baik PPL 1 dan PPL 2 berlangsung telah dilaksanakan berbagai kegiatan. Program dalam kegiatan PPL dimulai dari kegiatan observasi kelas dan peserta didik, perencanaan meliputi konsultasi dengan DPL dan guru pembimbing, persiapan materi, penyusunan media pembelajaran, konsultasi media pembelajaran, persiapan media pembelajaran sampai dengan pelaksanaan praktik mengajar di kelas. Selain itu, mahasiswa juga menyiapkan penilaian untuk siswa serta mengadakan tes kerja dikelas, dan melakukan analisis butir soal ketika tes hasil kerja telah berakhir. Mahasiswa PPL mengampu satu siswa dalam satu kelas dengan Kurikulum 2013 yang mencakup semua mata pelajaran. Dalam kegiatan pembelajaran, setiap mahasiswa tidak terlepas dari kerja sama antar mahasiswa dalam satu ruangan untuk menciptakan kondisi kelas yang kondusif untuk pembelajaran.. Tujuan kegiatan PPL, mahasiswa diharapkan mampu mendapatkan informasi serta pengalaman pembelajaran disekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Selain itu mahasiwa juga diharapkan mampu mendapatkan pengalaman tentang cara berfikir dan bekerja secara interdisipliner sehingga dapat memahami adanya keterkaitan ilmu dalam mengatasi permasalahan pembelajaran dan pendidikan yang ada di sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Pelaksana
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Aug 2016 08:15
Last Modified: 01 Oct 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38613

Actions (login required)

View Item View Item