LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMP NEGERI 2 KLATEN Jl. Pemuda Selatan No. 4 Klaten Tengah, Klaten, Jawa Tengah

Dwi Yunitasari, Dwi Yunitasari (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMP NEGERI 2 KLATEN Jl. Pemuda Selatan No. 4 Klaten Tengah, Klaten, Jawa Tengah. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.PENGESAHAN.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR oke.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.1 DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III _2_.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar mengenal serta menghayati selukbeluk lembaga pendidikan dengan segenap permasalahannya. Baik yang berkaitan dengan proses pembelajaranmaupunkegiatanadminitrasipendidikan. PPL juga berfungsi sebagai salah satu cara melatih mental mahasiswa di depan dan diluar kelas. Selain itu, PPL dapat menambah pengalaman dan wawasan dalam proses KBM, agar nantinya mahasiswa mempunyai bekal untuk terjun kedalam dunia pendidikan sebagai tenaga pendidik. Kegiatan PPL ini diselenggarakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta mulai 14 Juli sampai dengan 17 September 2014. Berdasarkan hasil observasi,ada beberapa hal yang menjadi perhatian dalam melaksanakan PPL meliputi penyusunan rancangan pembelajaran, satuan pelajaran dan media pembelajaran, praktik pengajaran terbimbing dan mandiri, serta menerapkan inovasi pembelajaran. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah member kesempatan kepada mahasiswa untuk lebih mendapat bekal mengajar secara operasional di sekolah, sehinggga tidak hanya teoritis saja. Dalam kegiatan PPL di SMP N 2 Klaten, penyusun mendapat kesempatan praktik mengajar di kelas VIII A sampai VIII F. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing. Pelaksanaan PPL di SMP N 2 Klaten relatif berjalan dengan baik dan lancar. Namun, secara umum program PPL ini telah menambah pengalaman yang berharga bagi kemampuan mengajar dan administrasi sekolah yang nantinya menjadi bekal menuju lapangan kerja yang sesungguhnya yaitu sebagai guru yang profesional serta memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian dan sosial yang tinggi baik sebagai tenaga pengajar sekaligus pendidik, sehingga dapat membantu siswa sepenuhnya dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia secara umum.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, dan mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Aug 2016 08:14
Last Modified: 01 Oct 2019 11:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38610

Actions (login required)

View Item View Item