LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SLB AUTISMA DIAN AMANAH

Atikah Soesilowati, Atikah Soesilowati (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SLB AUTISMA DIAN AMANAH. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL ATIKAH SOESILOWATI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penyelenggaraan Mata Kuliah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mengacu pada empat kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru, yakni : kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Alur pengelolaan PPL UNY dimulai dengan syarat harus lulus Pengajaran Mikro/PPL I kemudian mengikuti Pembekalaan PPL, dan pada akhirnya baru Pelaksanaan kegiatan PPL. Kegiatan PPL diakhiri dengan Evaluasi yang dilakukkan oleh Guru Pembimbing dan DPL PPL. Program kegiatan PPL dilaksanakan mulai tanggal 2 Juli 2014 sampai dengan 17 September 2014. Mahasiwa praktikan memperolh ugas mempersiapkan kegiatan praktik mengajar di dalam kelas. Guru memberi kebebasan penuh dalam mengelola kelas akan tetapi tidak lantas melepaskan seluruh tanggung jawab kepada mahasiswa praktikan. Dalam rangkaian kegiatan PPL telah dilaksanakan berbagai kegiatan. Program kegiatan PPL dimulai dari kegiatan observasi kelas dan peserta didik, perencanaan meliputi konsultasi dengan DPL dan guru pembimbing, persiapan materi, penyusunan media pembelajaran, konsultasi media pembelajaran, persiapan media pembelajaran sampai dengan pelaksanaan praktik mengajar di kelas. Selain itu, mahasiswa juga menyiapkan penilaian ke siswa serta mengadakan tes kerja dikelas, dan melakukan analisis butir soal ketika tes hasil kerja telah berakhir. Mahasiswa praktikan mengampu satu siswa dalam satu kelad dengan Kurikulum 2013 yang mencakup semua mata pelajaran. Dalam mengajar, mahasiswa bekerja sama dengan mahasiswa yang lainnya yang mengajar dalam satu kelas untuk pengondisian kelas yang kondusif untuk belajar. Dengan kegiatan PPL, mahasiswa akan mendapat pengalaman dalam bidang pembelajaran disekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Selain itu mahasiwa juga akan mendapat pengalaman tentang cara berfikir dan bekerja secara interdisipliner sehingga dapat memahami adanya keterkaitan ilmu dalam mengatasi permasalahan pembelajaran dan pendidikan yang ada di sekolah. Pengalaman tersebut tidak diperroleh dibangku perkuliahan. Sifat tidak mudah menyerah, tanggung jawab dan ketekunan sangat diperoleh dibangku perkuliahan. Sifat tidak mudah menyerah, tanggung jawab dan ketekunan sangat diperlukan agar pelaksanaan PPL dapat berjalan dengan baik serta memberikan hasil yang maksimal.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Aug 2016 08:05
Last Modified: 01 Oct 2019 11:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38607

Actions (login required)

View Item View Item