SEMESTER KHUSUS 1 JULI – 15 SEPTEMBER 2014 SMK PI AMBARUKMO Jl. Cendrawasih 125 Mancasan Lor, Condongcatur Telp. (0274) 4477515

Bayu Rizki, Bayu Rizki (2014) SEMESTER KHUSUS 1 JULI – 15 SEPTEMBER 2014 SMK PI AMBARUKMO Jl. Cendrawasih 125 Mancasan Lor, Condongcatur Telp. (0274) 4477515. Project Report. Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER DLL PPL.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I ppl bayu.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II ppl bayu.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III ppl bayu.pdf

Download (187kB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan perguruan tinggi negeri yang pada awal namanya IKIP kemudian menjadi Universitas Negeri Yogyakarta namun demikian basis yang diterapkan yaitu sama halnya dengan IKIP yaitu mempunyai tugas untuk menyelenggarakan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat serta membina tenaga kependidikan. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka UNY memberikan pengetahuan dan ketrampilan kepada mahasiswa program studi pendidikan pada salah satu mata kuliah yaitu Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta secara terpadu dilaksanakan mulai dari tanggal 1 Juli sampai dengan 16 September 2013 bertujuan untuk mendapatkan pengalaman pengajaran pada di kondisi lapangan yang sesungguhnya. Sehingga mahasiswa memiliki pengalaman nyata tentang proses mengajar dan diharapkan agar PPL ini dapat menjadi bekal bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri sebagai tenaga kependidikan yang profesional pada saat memasuki dunia kerja. Lokasi pratikan melaksanakan PPL adalah di SMK PI AMBARUKMO yang beralamatkan di Jl. Cendrawasih 125 Mancasan Lor, Condongcatur, Telp. (0274) 4477515. Mahasiswa dalam pelaksanaan PPL melalui beberapa tahap yaitu pertama observasi ke sekolah dengan melihat secara langsung Kegiatan belajar mengajar (KBM) yang dilakukan oleh Guru bidang studi sesuai disiplin ilmunya masing-masing. Kemudian dilaksanakan PPL I yaitu kegiatan mengajar di kampus bersama dosen mikro dan para mahasiswa dalam rangka persiapan praktik mengajar di sekolah. Kegiatan PPL yang dilaksanakan di sekolah meliputi tahap persiapan, praktik mengajar, dan analisis pelaksanaan PPL. Pada tahap persiapan meliputi observasi kegiatan belajar mengajar di kelas dan pembuatan perangkat pembelajaran, yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) serta persiapan media pembelajaran. Tahap persiapan dilanjutkan dengan praktik mengajar yang merupakan kegiatan inti vii dari PPL. Praktik mengajar disesuaikan dengan jadwal mengajar guru pembimbing, meliputi pendahuluan, kegiatan inti, dan penutupan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini dijadikan proses pembelajaran bagi mahasiswa sebagai calon guru atau pendidik Penjasorkes dan dapat meningkatkan serta mengembangkan diri. Semoga dengan adanya kegiatan PPL ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk menjadikan diri sebagai guru atau pendidik yang profesional yaitu guru yang mempunyai nilai, sikap, kemampuan dan ketrampilan yang memadai sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: SMK PI AMBARUKMO, Observasi Sekolah, RPP dan Mengajar
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 03 Aug 2016 07:45
Last Modified: 21 Aug 2018 08:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38594

Actions (login required)

View Item View Item