Febri Nuraini, Febri Nuraini (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) TK ABA KERINGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
11111241022 FEBRI NURAINI.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan yang sifatnya wajib dilaksanakan bagi setiap mahasisawa yang menempuh program studi kependidikan. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini diharapkan dapat membentuk pengalaman awal proses pembelajaran akademis maupun non-akademis yang nyata di lapangan bagi mahasiswa calon guru. Pengalaman tersebut dapat berupa pengalaman mengajar, pengalaman berinteraksi dengan peserta didik baik dalam kapasitas pembelajaran maupun dalam kapasitas pembentukan karakter, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi terutama kompetensi sosial dan kepribadian, meningkatkan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dedikasi dan kemampuan memecahkan masalah nyata di lapangan. Salah satu lokasi yang digunakan untuk PPL adalah TK ABA Keringan, Wonokerto, Turi, Sleman, Yogyakarta. Pelaksanaan program PPL dilakukan oleh mahasiswa yang bekerjasama dengan guru, karyawan, siswa dan masyarakat sekitar atau wali murid TK ABA Keringan, Wonokerto, Turi, Sleman, Yogyakarta. Penerjunan 10 Februari 2014 dan penarikan dilaksanakan pada tanggal 12 September 2014. Kegiatan PPL ini dilaksanakan melalui praktik mengajar terbimbing yang dilaksanakan mahasiswa sebanyak tiga kali pertemuan, praktik mandiri yang dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan dan satu kali pertemuan untuk pelaksanaan kegiatan ujian praktik mengajar. Dalam pelaksanaannya setiap mahasiswa membuat perangkat pembelajaran dan media pembelajaran yang berupa Rencana Kegiatan Harian (RKH), Penilaian Perkembangan Anak, Analisa Perbaikan dan Pengayaan serta melengkapi portofolio anak. Mahasiswa membuat media pendidikan dengan mempertimbangan beberapa aspek serta bernilai kreatif, efektif, efisien dan menarik bagi anak. Hasil yang dicapai dalam kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan menyangkut dua hal penting, yaitu praktik pembelajaran di kelas serta pembuatan perangkat pembelajaran dan media pembelajaran. Pengalaman-pengalaman yang sudah mahasiswa peroleh diharapkan dapat menjadi bekal ilmu baru yang nantinya dapat diterapkan kelak.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PPL, TK ABA Keringan |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 03 Aug 2016 07:40 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 12:00 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38589 |
Actions (login required)
View Item |