LAPORAN KELOMPOK KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) TK ABA KERINGAN

Novia Wiranti, Novia Wiranti (2014) LAPORAN KELOMPOK KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) TK ABA KERINGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
11111241013 novia wiranti.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan yang sifatnya wajib dilaksanakan bagi setiapa mahasiswa yang menempuh program studi kependidikan. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan ini diharapakan dapat membentuk pengalaman awal proses pembelajran akademis maupun non- akademis yang nyata di lapangan bagi mahasiswa calon guru. Pengalaman tersebut dapat berupa pengalaman mengajar, pengalaman berinteraksi dengan peserta didik baik dalam kapasitas pembelajran maupun dalam kapasitas pembentukan karakter, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetisi terutama kompetensi terutama kompetensi sosial dan kepribadian, meningkatkan ketrampilan, kemandirian, tanggungjawab, dedikasi dan kemampuan memecahkan masalah nyata di lapangan. Salah satu lokasi yang digunakan untuk KKN-PPL adalah TK ABA Keringan, Wonokerto, Turi, Sleman, Yogyakarta. Pelaksanaan program KKN-PPL dilakukan oleh mahasiswa bekerjasama dengan guru, karyawan, siswa dan masyarakat sekitar atau wali murid TK ABA Keringan, Turi, Sleman, Yogyakarta. Program PPL dilaksanakan di TK ABA Keringan, Turi, Sleman, Yogyakarta. Penerjuanan dilaksanakan tanggal Juli 2014 dan penarikan dilaksanakan pada tanggal 15 September 2014. Kegiatan PPL ini dilaksankan melalui praktik mengajar terbimbing yang dilaksankan mahasiswa sebanyak dua kali pertemuan, praktik mandiri dilaksanakan mahasiswa sebanyak tiga kali pertemuan dan sekali pertemuan dilaksanakan ujian praktik mengajar. Dalam pelaksanaannya setiap mahasiswa membuat perangkat pembelajaran dan media pembelajran yaitu Rencana Kegiatan Harian (RKH), Penilaian Perkembangan Anak, Analisis Perbaiakan dan Pengayaan serta melengkapi portofolio anak. Disini media pendidikan yang kita buat hendaknya yang kreatif, efektif, efisien dan tentunya menarik bagi anak. Hasi yang di capai dalam kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan menyangkut dua hal penting yaitu Praktik Pembelajran di kelas serta pembuatan perangkat pembelajran. Semua itu kita olah supaya nantinya menjadi pengalaman dan ilmu baru yang akan kita terpakan dalam kehidupan sehari-hari supaya memenuhi kompetensi yang dimiliki guru.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Aug 2016 07:35
Last Modified: 01 Oct 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38583

Actions (login required)

View Item View Item