LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP N 1 PAKEM

Rina Faturohman, Rina Faturohman (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP N 1 PAKEM. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PPL - Rina Faturohman 11202244013.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah dari Universitas Negeri Yogyakarta. Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa agar memiliki kemampuan berupa keterampilan dalam bidang pembelajaran dan memberi kesempatan pada mahasiswa untuk mempelajari dan mencoba mengatasi permasalahan yang dihadapi lembaga pendidikan serta menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki selama perkuliahan ke dalam kehidupan nyata. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah melatih mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimilikinya dalam suatu proses pembelajaran sesuai dengan bidang studinya sehingga mahasiswa dapat memiliki pengalaman yang dapat digunakan sebagai bekal untuk mengembangkan kompetensinya di masa yang akan datang dalam kaitannya sebagai tenaga pendidik. Pelaksanaan PPL dilaksanakan pada semester khusus yang dimulai tanggal 2 Juli 2013 sampai 17 September 2014. Pelaksanaan kegiatan di SMP Negeri 1 Pakem telah terkoordinir dengan baik antara mahasiswa, guru, sekolah serta Dosen Pembimbing Lapangan sehingga pelaksanaan praktik mengajar dapat berlangsung dengan baik dan lancar. Dalam melaksanakan PPL yaitu praktik mengajar praktikan telah melakukan praktik mengajar sebanyak 20 kali. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Kegiatan mengajar dilaksanakan setelah konsultasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kepada guru pembimbing terlebih dahulu. Pelaksanaan PPL dilaksanakan di kelas VIII B dan VIII C. Secara umum kegiatan PPL berjalan dengan lancar dengan sedikit hambatan. Hasil dari pelaksanaan PPL selama kurang lebih dua bulan di SMP Negeri 1 Pakem bagu mahasiswa adalah pengalaman mengajar secara nyata serta penerapan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan dalam di bidang Pendidikan Bahasa Inggris yang diperoleh di bangku perkuliahan serta pemahaman baru mengenai tugas nyata pendidik di lapangan. Di samping itu, siswa-siswa ajar dapat mendapatkan ilmu pengetahuan dengan berpedoman Kurikulum 2013 dari praktikan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Aug 2016 07:27
Last Modified: 01 Oct 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38581

Actions (login required)

View Item View Item