LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP N 1 PAKEM

Ade Setiadi, Ade Setiadi (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP N 1 PAKEM. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU BAB I II III & Lampiran.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu wadah untuk menerapkan/mengaplikasikan ilmu yang selama ini telah dipelajari dalam bidang keahlian maupun ilmu keguruan yang berkaitan dengan peserta didik dalam proses belajar mengajar. Program Praktek Lapangan (PPL) ini juga bertujuan untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan (calon guru) yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang profesional, maka pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) ini sangat membantu mahasiswa dalam memasuki realita dunia kependidikan dan sebagai sarana untuk menerapkan ilmu yang diperoleh selama mengikuti perkuliahan. Praktek mengajar berperan dalam memberi bekal bagi penulis dalam dunia pendidikan pada umumnya dan sebagai guru pada khususnya. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) atau praktik mengajar ini mulai dilaksanakan pada tanggal 1 Juli s.d. 17 September 2014 yang berlokasi di SMP Negeri 1 Pakem, yang beralamat di Jln. Kaliurang Km.17, Dalam praktik mengajar, mahasiswa terlebih dahulu melaksanakan persiapan pembelajaran, yaitu membuat perencanaan pembelajaran dimulai dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran sampai dengan evaluasi yang dilaksanakan. Kemudian melakukan koordinasi dan konsultasi kepada guru pembimbing di sekolah. Dalam bimbingan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), mahasiswa (penulis) mendapatkan kesempatan melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas VIII A, VIII B, VIII C, VIII D, IX A, IX D. Kurikulum yang digunakan adalah untuk kelas VIII menggunakan Kurikulum 2013 sedangkan untuk kelas IX menggunakan Kurikulum KTSP, maka untuk penulisan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mengikuti kurikulum yang digunakan. Penggunaan metode pembelajaran yang diterapkan adalah metode diskusi, demonstrasi, praktik, dan latihan. Sedangkan media yang digunakan adalah gambar, video, power point, dan peralatan seni. Kegiatan praktik mengajar dilaksanakan di ruang kelas masing-masing dan di lapangan. Dari waktu yang diberikan, mahasiswa (praktikan) dapat mengajar 5 sampai 6 kali pertemuan setiap kelas. Materi yang diajarkan untuk kelas VIII adalah ragam hias flora, ragam fauna, ragan hias figuratif, ragam hias geometris, gambar bentuk dan gambar ilustrasi. Sedangkan untuk IX adalah batik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Aug 2016 07:16
Last Modified: 01 Oct 2019 11:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38570

Actions (login required)

View Item View Item