LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN 2014 LOKASI MTs NEGERI 1 NGEMPLAK

TETY NUR FITHRIANI, TETY NUR FITHRIANI (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN 2014 LOKASI MTs NEGERI 1 NGEMPLAK. LAPORAN PPL.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL-Tety Nur Fithriani PBSI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman lapangan (PPL) merupakan suatu program terpadu yang dilaksanakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa kependidikan di UNY. Program PPL ini merupakan sarana pengaplikasian ilmu yang telah diperoleh mahasiswa di bangku kuliah. Selain itu, program PPL ini merupakan salah satu wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat yang dalam hal ini adalah sekolah. Dalam hal ini masyarakat sekolah turut membantu serta mendukung pengembangan sekolah melalui program PPL. Program PPL di MTs Negeri Ngemplak dimulai sejak 2 Juli 2014 sampai 17 September 2014. Adapun pelaksanaan program PPL tersebut meliputi observasi sekolah, observasi kelas, persiapan mengajar, penyusunan silabus dan RPP, praktik mengajar, pelaksanaan piket di sekolah, pelaksanaan piket guru, serta kegiatan-kegiatan lain yang bertujuan untuk mengembangkan diri mahasiswa agar siap menjadi tenaga pendidik yang berkualitas di masa mendatang. Pada tahap praktik mengajar, mahasiswa menyaiapkan perangkat pembelajaran yag meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan media pembelajaran. Praktik mengajar mulai dilaksanakan pada 11 Agustus 2014 sampai 17 September 2014. Pada tahap pelaksanaan, mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia diberi kesempatan untuk mengajar di kelas VII E dan IX D dengan alokasi waktu 2 x 40 menit setiap pertemuan. Permasalahan yang ditemui mahasiswa PPL di MTs Negeri Ngemplak adalah masalah pengelolaan kelas dan materi kurikulum 2013 yang masih asing bagi siswa sehingga membutuhkan strategi dan metode khusus. vii Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa dapat mengembangkan ilmu serta keterampilan mengajar yang dimiliki sesuai bidang keilmuan yang ditempuh. Pengelolaan kelas sangat perlu ditingkatkan agar siswa dapat menerima materi pembelajaran dengan baik. Salah satu hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan pengelolaan kelas diantaranya adalah membangun komunikasi yang baik antara mahasiwa PPL dengan siswa-siswa, sehingga terjalin kerjasama antara guru dan siswa ketika melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas serta menarik perhatian/minat siswa dengan game dan hadiah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PPL, pembelajaran, siswa
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 03 Aug 2016 07:13
Last Modified: 03 Aug 2016 07:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38568

Actions (login required)

View Item View Item