LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMPN 4 GAMPING Gamping Sleman

Tectona Hangger Waluyo, Tectona Hangger Waluyo (2014) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMPN 4 GAMPING Gamping Sleman. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL 2014 Tectona Hangger Waluyo 11416241031 P.IPS.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Praktik pengalaman lapangan atau sering disebut dengan PPL merupakan salah satu kegiatan dari rangkaian kegiatan KKN-PPL. PPL merupakan suatu kegiatan yang mewajibkan mahasiswa untuk berlatih mengajar di kelas yang sebenarnya selama sekitar dua bulan dengan bimbingan guru mata pelajaran yang ada di sekolah tersebut dan dosen pembimbing lapangan. Tujuan dari PPL adalah memberikan pengalaman pada mahasiswa dalam bidang pembelajaran, baik pengalaman sebelum pembelajaran dimulai, saat pembelajaran, dan sesudah pembelajaran. PPL dilaksanakan dari tanggal 2 Juli dampai 17 September 2014. Selama kurang lebih dua bulan ini mahasiswa diwajibkan berada di sekolah sesuai dengan jam kerja yang berlaku di sekolah. Mahasiswa juga diwajibkan untuk berlatih mengajar di kelas yang sudah ditentukan oleh guru mata pelajaran yang membimbing, tidak hanya mengajar saja mahasiswa juga diwajibkan berlatih membuat RPP, silabus, media, berlatih memilih metode yang tepat untuk mengajar dan disesuaikan dengan kebutuhan siswa, membuat prosem, membuat prota, dan sebagainya. Selain itu mahasiswa juga dituntut untuk melaksanakan kegiatan administratif sekolah, contohnya adalah piket, presensi kelas, dan sebagainya. Dalam praktik mengajar, mahasiswa praktikan dibimbing oleh guru mata pelajaran IPS yang sekaligus menentukan kelas yang harus diajar dan jadwal praktik mengajar. Praktikan juga dibimbing oleh dosen mikro yang sekaligus dosen PPL, dimana dosen PPL ini disesuaikan dengan program studi praktikan. Bimbingan oleh dosen PPL dilakukan sebelum dan saat PPL dilaksanakan. Sebagai persiapan mengajar praktikan harus membuat RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dan media yang dikonsultasikan terlebih dahulu dengan guru pembimbing sebelum praktik mengajar. Hal tersebut dilakukan agar praktikan memiliki pedoman dalam pelaksanaan praktik dan memudahkan praktikan dalam penyampaian materi sesuai dengan sasaran yang ingin dicapai. Selama PPL ini, mahasiswa memperoleh hasil berupa pengalaman langsung dan baru meliputi mengajar di kelas, mengelola kelas, memilih metode belajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan kegiatan lain seperti membuat prosem dan prota yang sangat bermanfaat. Pelaksanaan PPL sangat berguna bagi mahasiswa, mahasiswa jadi mengetahui bagaimana kondisi kelas sebenarnya yang sangat jauh berbeda kondisinya saat mahasiswa mengajar dalam kegiatan micro. Sehingga membuat mahasiswa lebih pintar lagi saat berada di depan kelas. Banyak hal baik yang mendukung dan menghambat pelaksanaan PPL di SMPN 4 Gamping tapi hal tersebut menjadi sebuah tantangan yang harus dilewati, sehingga pelaksanaaan PPL dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Aug 2016 07:12
Last Modified: 01 Oct 2019 12:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38567

Actions (login required)

View Item View Item