LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI : SD SLEMAN 5

Mursinah, Mursinah (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI : SD SLEMAN 5. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
1. CAVER.docx

Download (140kB)

Abstract

Sesuai dengan Tri Darma perguruan tinggi yang ke tiga yaitu pengapdian masyarakat maka mahasiswa diwajibkan untuk melakukan kegiatan PPL. Sebagai realisasi dari perguruan tinggi keguruan yang intinya mendidik calon guru professional, UNY selalu mengadakan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bagi mahasiswa. Program ini bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa di luar kampus dan menghadapi siswa sebagai anak didik. Pelaksanaan kegiatan PPL bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang manajerial sekolah / lembaga. PPL UNY yang kami tuju untuk melakukan kegiatan praktek mengajar adalah SD Negeri Sleman 5. Adapn lokasi SD Negeri Sleman 5 beralamat di dusun Krapyak, Triharjo, Sleman, wilayah UPT YANDIK kecamatan Sleman. Di sekolah ini, memilki 6 rombongan belajar, terdiri dari kelas I sampai kelas VI. Adapun ke-6 rombongan belajar itu berjumlah: kelas I: 31 siswa, kelas II: 34 siswa, kelas III: 33 siswa, kelas VI: 33 siswa, kelas V: 29 siswa dan kelas VI: 35 siswa. Selain gedung belajar SD Negeri Sleman 5 mempunyai gedung perpustakaan, mushola, ruang UKS, gudang, dan dapur, kantor kepala sekolah serta ruang guru. PPL di SD N Sleman 5 dimulai 2 Juli sampai dengan 17 September 2014 yang diawali dengan tahap observasi, bahwa anak kelas IV dalam mengikuti pembelajaran kasti belum maksimal. Dari hasil observasi tersebut ditemukan, bahwa anak kelas IV dalam mengikuti permainan kasti sudah bias mengikuti dan memahami cara memukul, melempar dan menangkap bola dengan benar serta memahami peraturan sederhana dalam permainan kasti. Dengan demikian, disusun program kerja yang disesuaikan dengan kondisi yang dimiliki sekolah, sedangkan program PPL, yaitu praktek mengajar yang dibimbing langsung oleh guru pembimbing. Pada setiap pelaksanaan program-program PPL individu, tidak terlepas dari dukungan dan bantuan dari pihak sekolah baik dukungan material maupun spiritual. Dengan adanya gambaran seluruh kegiatanPPL yang berjalan sesuai dengan harapan, tentunya dapat memberikan manfaat bagi mahasiswa dan juga bagi sekolah sebagai tempat pelaksanaan PPL.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Aug 2016 06:56
Last Modified: 01 Oct 2019 12:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38550

Actions (login required)

View Item View Item