LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMP NEGERI 2 MOYUDAN

EDO PRADANA, EDO PRADANA (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMP NEGERI 2 MOYUDAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
laporan edo pradana.pdf

Download (228kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam hal ini PPL digunakan sebagai bekal mahasiswa kependidikan sebelum menjadi tenaga pendidik. Dalam kesempatan kali ini, penulis melaksanakan praktik pengalaman lapangan di SMP Negeri 2 Moyudan. PPL ini bertujuan untuk mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik. Kegiatan awal dalam PPL ini adalah observasi kelas, kelas yang diobservasi adalah kelas VIII C. Kegiatan obeservasi ini bertujuan memberikan pengalaman awal tentang situasi kelas, kegiatan yang kedua adalah persiapan, dalam persiapan ini ada yang sifatnya disamping penrkenalan juga mengenai administratif dan persiapan yang sifatnya personal. Persiapan yang sifatnya administratif berupa konsultasi dalam penyusunan RPP yang terkait dengan materi, metode, dan media yang akan digunakan, sedangkan yang sifatnya personal adalah mempersiapkan fisik dan mental. Inti kegiatan PPL ini terdiri dari praktik mengajar dan pembuatan administratif. Dalam kegiatan PPL di SMP Negeri 2 Moyudan, penyusun mendapat kesempatan praktik mengajar di kelas VII A, VII B, VII C, VIII A, VIII B, VIII C, IX A, IX B, dan IX C. Tetapi pada tanggal 25 Agustus 2014 jadwal praktik mengajar berganti menjadi di semua kelas VII dan IX A, IX B serta IX C. Dalam pelaksanaan praktik pengalaman lapangan menggunakan media text pelajaran sedangkan metode atau strategi pembelajaran yang digunakan berupa resiprokal, tanya jawab, permainan dan pendekatan taktik. Dalam pelaksanaan PPL yang berupa praktik mengajar, situasi pembelajaran secara umum dapat terkendali, interaksi belajar mengajar dapat terkondisikan, akan tetapi masih ada beberapa permasalahan yang dihadapi pada saat pelaksanaan PPL. Seperti kurangnya fasilitas alat pembelajaran berupa bola, net, gawang dan lain-lain. Selain itu selama proses pembelajaran tak jarang ada beberapa siswa yang sulit untuk dikondisikan dalam pembelajaran di kelas. Untuk itu sangat diperlukan peranan praktikan dalam mengatasi berbagai permasalahan tersebut, antara lain dengan mempersiapkan metode dan media pembelajaran yang menarik sehingga membangkitkan ketertarikan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, pendidik dan mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Aug 2016 04:44
Last Modified: 01 Oct 2019 11:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38480

Actions (login required)

View Item View Item