LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UPDATE DATA DAN DATABASE KEOLAHRAGAAN PER-KECAMATAN SEKABUPATEN SLEMAN DI DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN SLEMAN

Riyes Irasti, Riyes Irasti (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UPDATE DATA DAN DATABASE KEOLAHRAGAAN PER-KECAMATAN SEKABUPATEN SLEMAN DI DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
RIYES IRASTI (11101241007).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan program yang memiliki kesesuaian dengan kompetensi akademik mahasiswa jurusan Administrasi Pendidikan. Program ini ditujukan untuk membantu keterlaksanaan kinerja maupun program yang dilaksanakan Bidang Pemuda dan Olahraga Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman yakni terfokus pada pengelolaan “Update Data dan Database Keolahragaan yaitu Sarana, Prasarana, dan Klub Olahraga Per-Kecamatan Se- Kabupaten Sleman”. Latar belakang dilaksanakannya program, karena pada faktanya data sarana, prasarana, dan klub olahraga se-Kabupaten Sleman di Dikpora Sleman belum ada databasenya dan hanya ada data asli atau manualnya saja, sehingga apabila data asli manualnya hilang atau tidak lengkap lagi maka tidak ada salinannya. Untuk meminimalisir hilangnya data tersebut, penyusun melakukan rekapitulasi data tersebut ke dalam bentuk database di dalam program komputer. Program Update Data dan Database Keolahragaan Sarana, Prasarana, dan Klub Olahraga dilakukan pengolahan selama tiga periode 2011/2012, 2012/2013 dan 2013/2014 dengan output program berbentuk database yakni rekap data sarana dan prasarana serta klub olahraga berdasarkan tahun, berdasarkan kecamatan, dan berdasarkan desa/kelurahan. Melalui rekap data tersebut akan diketahui kondisi sarana olahraga yang layak, yang standar dan tidak standar, dan diketahuinya club-club cabang olahraga yang aktif dan tidak aktif di tiap-tiap kecamatan dan desa/kelurahan. Secara keseluruhan program praktik pengalaman lapangan (PPL) dapat terlaksana dengan lancar. Hal tersebut berkat bantuan dari Tim PPL serta segenap staf Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman. Berdasarkan hasil program Update Data dan Database Keolahragaan Sarana, Prasarana dan Klub Olahraga diketahui bahwa (1) Keadaan sarana dan prasarana olahraga di desa/kelurahan dalam suatu kecamatan banyak yang tidak standar dan satu sarana olahraga biasanya dipakai untuk berbagai macam cabang olahraga; serta (2) Klub olahraga di desa/kelurahan dalam suatu kecamatan sudah terbilang aktif. Hasil analisis program tersebut dapat dijadikan sebagai dasar pengambilan kebijakan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman dalam rangka peningkatan pemerataan sarana dan prasarana olahraga serta pembinaan bagi klub-klub olahraga di Kabupaten Sleman.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Update Database, Sarana, Prasaran, dan Klub Olahraga
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Aug 2016 04:38
Last Modified: 01 Oct 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38465

Actions (login required)

View Item View Item