Halida Elfarizka, Halida Elfarizka (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PENDATAAN SARANA DAN PRASARANA SMA/SMK DI DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
COVER.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN, KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, ABSTRAK.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I, II, III.pdf Download (166kB) | Preview |
Abstract
Setelah mengadakan obsersavi diketahui bahwa di kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga terdiri dari 1 Sekretariat (terbagi menjadi Subbagian Umum, Subbagian Kepegawaian, Subbagian Perencanaan, dan Subbagian Keuangan) serta 5 bidang yaitu Bidang Pembinaan Kurikulum dan Kesiswaan (Kursis), Bidang Pembinaan Tenaga Pendidik dan Kependidikan (Tendik), Bidang Pengelolaan Sarana Prasarana Pendidikan (Sarpras), Bidang Pemberdayaan Pendidikan Nonformal dan Informal (PNFI), dan Bidang Pemuda dan Olahraga (PO). Bidang Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan mempunyai tugas menyelenggarakan, membina, dan mengawasi pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan. Bidang sarana prasarana terbagi menjadi 3 sub bagian yaitu bidang sarana prasarana bagian TK/SD, bidang sarana prasarana bagian SMP, dan bidang sarana prasarana bagian SMA/SMK. Untuk mendukung proses penyelenggaraan atau pengadaan sarana prasarana pendidikan di setiap sekolah, maka dibutuhkan data sarana prasarana dari masing-masing sekolah yang ada di wilayah Kabupaten Sleman. Oleh karena itu, penulis merancang program kerja utama yaitu Pendataan Sarana Prasarana SMA/SMK se-Kabupaten Sleman, diharapkan dengan adanya program ini dapat membantu bidang sarana prasarana khususnya bagian SMA/SMK dalam mendapatkan informasi mengenai kondisi dan kebutuhan sarana prasarana di SMA/SMK se-Kabupaten Sleman. Dalam pendataan sarana prasarana SMA/SMK tidak hanya data berupa soft file dan print out saja yang dikumpulkan di bidang sarana prasarana, tetapi ada pengecekan langsung yang dilakukan pihak bidang sebelum memberikan bantuan dari pemerintah. Dengan adanya pendataan sarana prasarana SMA/SMK, maka akan didapatkan informasi yang nyata mengenai kondisi sarana prasarana di lapangan dan pihak sekolah tidak bisa merekayasa. Selain itu, penulis juga memiliki program PPL penunjang yaitu membantu administrasi di bidang kurikulum dan siswa yaitu mengetik surat keterangan pindah sekolah, membantu mengetik surat keterangan di bidang umum, dan membantu pengolahan arsip (program PPL utama Nabela) serta membantu input data sarana prasarana SMP (program PPL utama Miftakhul Huda). Dari program yang penulis rencanakan dan laksanakan, mendapatkan respon baik dari seluruh staf di bidang sarana prasarana Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman. Secara garis besar pelaksanaan program PPL berjalan dengan baik dan tidak mengalami masalah yang cukup serius.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 03 Aug 2016 03:52 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 12:01 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38441 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |