LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PPL UNY 2014 LOKASI SMP N 1 PRAMBANAN SLEMAN Jl. Prambanan-Piyungan KM 4,5 Madurejo, Prambanan, Sl

GANDHI NUR ROHMAT. K, GANDHI NUR ROHMAT. K (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PPL UNY 2014 LOKASI SMP N 1 PRAMBANAN SLEMAN Jl. Prambanan-Piyungan KM 4,5 Madurejo, Prambanan, Sl. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER LAPORAN.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHN DAN ABSTRAK.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ISI LAPORAN.pdf

Download (358kB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktekkan ilmu yang bersifat teoretis yang telah diterima di perkuliahan. Pada saat PPL ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan teori-teori tersebut sekaligus mencari ilmu secara empirik dan bersifat faktual, tidak sekedar teoritis seperti pada saat di perkuliahan. Kegiatan PPL dapat bertujuan untuk mendapatkan berbagai pengalaman mengenai proses pembelajaran dan kegiatan dalam lingkungan sekolah yang digunakan sebagai bekal menjadi tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang digunakan sebagai tenaga pendidik. Kegiatan PPL ini dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk melaksanakan pembelajaran PPL langsung pada lingkungan sekolah. Sekolah yang digunakan sebagai tempat praktek ini adalah SMP Negeri 1 Prambanan, yang dilaksanakan mulai dari tanggal 2 Juli 2014 hingga tanggal 17 September 2014. Pelaksanaan PPL ini dilakukan dengan mengajar di kelas selama kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Pengajaran di kelas pada kegiatan PPL ini diharapkan dapat dilakukan minimal 8 kali pertemuan, namun praktikan dapat melakukan kegiatan pengajaran di kelas sebanyak 20 kali untuk masing-masing kelas. Kelas yang diajar sebanyak 6 kelas, yaitu kelas VII A, VII B, VIII A, VII C, IX B, IX C. Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas adalah serta metode saintifik (scientific method)untuk kelas VII dan VIII serta untuk kelas IX masih menggunakan metode Ekplorasi, Elaborasi dan Konfirmasi (EEK). Model pembelajaran yang digunakan antara lain;Teaching Game For Understanding (TGFU), Kooperatif Learning, Resiprokal, PeerTeaching, dll. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media, antara lain gambar, game, dan model serta LKS. Banyak kendala dan hambatan selama waktu dilaksanakannya PPL, baik yang bersifat intern maupun ekstern, diantaranya dalam pengelolaan kelas yang sulit untuk dikendalikan, karena peserta didik terlalu ramai. Namun, hal ini merupakan suatu kenyataan bahwa anak usia SMP memang dalam perkembangan seperti itu, dan hal ini merupakan suatu proses untuk menuju yang lebih baik. Dengan adanya kegiatan PPL ini, praktikan mendapat bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Adanya kerjasama, kerja keras dan disiplin akan sangat mendukung terlaksananya program-program PPL dengan sukses. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Aug 2016 03:14
Last Modified: 01 Oct 2019 12:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38404

Actions (login required)

View Item View Item