UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU SENI TARI DALAM PEMBELAJARAN TARI DI SMP KABUPATEN SLEMAN MELALUI ALAM SEKITAR

Dra. Trie Wahyuni, M.Pd., . (2010) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU SENI TARI DALAM PEMBELAJARAN TARI DI SMP KABUPATEN SLEMAN MELALUI ALAM SEKITAR. [Experiment/Research]

[img] Text
17_Trie_Wahyuni.doc

Download (61kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas guru seni tari di SMP Kabupaten Sleman dalam pembelajaran tari melalui alam sekitar. Jenis penelitian ini ada;ah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipatif. Subjek penelitian ini adalah 20 orang yang terdiri dari 16 orang guru seni tari dan 4 orang guru seni musik di SMP Kabupaten Sleman, yang terbagi dalam 2 kelompok. Penelitian dilakukan pada Juni-Agustus 2010, dengan kolaborator Kartika Bayuwati, S.Pd. (ketua MGMP seni Tari SMP) dan fasilitator Probo Harjanti, S.Pd. (guru SMPN 3 Gamping). Penelitian dilakukan dalam dua Siklus. Pada Siklus I (4 x tatap muka), subjek melaksanakan tahap pembuatan karya tari dalam pembelajaran tari melalui penjelajahan, merespon, dan mencari kemungkinan gerak dari hasil eksplorasi pengamatan alam sekitar kedalam rangkaian gerak tari. Memilih bahan dan desain busana serta menata iringan musik lingkungan. Siklus II (7 x tatap muka, tindak lanjut Siklus I) berupa pemberian materi dari hasil penjelajahan alam sekitar yang dapat dituangkan dengan menggabungkan elemen estetis komposisi tari dipadukan dengan ekspresi gerak, irama, dan penjiwaan, serta penggunaan properti. Pada akhir siklus II subjek menampilkan karya tari dengan busananya di halaman (taman) lingkungan sekitar SMPN 3 Gamping Kabupaten Sleman. Tiap siklus terdiri atas empat tahap: perencanaan, implemantasi tindakan, monitoring, evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan telah terjadi peningkatan kreativitas guru seni tari dalam mengikuti pembelajaran tari melalui alam sekitar. Hal itu ditunjukkan oleh: a) guru seni tari bersemangat di dalam proses kreatif menjelajahi gerak dalam eksplorasi, menerapkan hasil eksplorasi dan improvisasi, serta merangkainya dalam bentuk komposisi kelompok; b) guru seni tari memahami pengembangan kreatif seni tari melalui alam sekitar yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran tari, mulai proses awal eksplorasi sampai akhir komposisi; c) guru seni tari mampu menguasai materi pembelajaran alam sekitar yang diwujudkan dengan penampilan hasil karya tari kelompok dengan variasi gerak/desain atas, irama, penjiwaan, desain lantai, properti, dan memadukan musik iringan tari hasil tatanan peserta guru seni musik, serta mengharmonisasikan dengan busana yang bernuansa lingkungan alam yang dikenakan dalam penyajian hasil kreativitasnya.

Item Type: Experiment/Research
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Date Deposited: 10 Aug 2012 01:40
Last Modified: 02 Oct 2019 02:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3836

Actions (login required)

View Item View Item