Permainan Tradisional Jawa Gerak dan Lagu untuk Menstimulasi Keterampilan Sosial Anak Usia Dini

Dra. Ni Nyoman Seriati, M.Hum., . (2010) Permainan Tradisional Jawa Gerak dan Lagu untuk Menstimulasi Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. [Experiment/Research]

[img] Text
02_Ni_Nyoman_Seriati.doc

Download (25kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi semakin banyaknya permainan yang bersifat individu dan berkurangnya permainan yang dilakukan secara bersama-sama sehingga dapat berpengaruh pada keterampilan sosial anak. Dari latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi permainan tradisional yang dapat menstimulasi keterampilan sosial anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah melalui dokumentasi untuk mengidentifikasi berbagai bentuk permainan tradisional kemudian dilanjutkan dengan wawancara pada pendidik anak usia dini sekaligus praktisi permainan anak. Identifikasi dan wawancara ini dilakukan untuk menganalisis berbagai bentuk permainan tradisional anak yang dapat menstimulus keterampilan sosial anak yang dapat digunakan secara praktis pada anak usia dini. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa dari berbagai bentuk permainan anak ditemukan permainan gerak dan permainan gerak dan lagu yang berasal dari kebudayaan lokal Jawa dan dapat dimainkan oleh anak-anak. Beberapa permainan tradisional tersebut perlu dikenalkan pada anak usia dini untuk tetap melestarikan kekayaan budaya lokal serta untuk menstimulus keterampilan sosial anak usia dini. Hasil identifikasi ini selanjutnya akan bermanfaat dalam melestarikan permainan tradisional maupun secara praktis dalam mengembangkan pembelajaran anak usia dini dalam berbagai permainan tradisional yang mendidik.

Item Type: Experiment/Research
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: lembaga penelitian
Date Deposited: 10 Aug 2012 01:38
Last Modified: 10 Aug 2012 01:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3835

Actions (login required)

View Item View Item