Lindha Rismawanti, Lindha Rismawanti (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UPTD SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KULON PROGO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
1 Halaman Judul.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text
3 KATA PENGANTAR.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text
Bismillah Matriks Revisi Fik's.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI DAN ABSTRAK.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text
PPL LINDHA.pdf Download (388kB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan bentuk pengabdian perguruan tinggi kepada instansi pemerintah maupun sekolah-sekolah formal melalui peran mahasiswa yang terjun langsung untuk mengabdi kepada masyarakat, dengan memberdayakan warga belajar maupun pihak lain seperti wali murid dan mengikuti kegiatan belajar mengajar di lapangan yang bertujuan untuk memberikan motivasi kepada masyarakat dan warga belajar. Dengan adanya PPL, diharapkan akan memberi manfaat bagi masyarakat atau warga belajar dan dapat mengembangkan kreatifitas serta meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam belajar di tengah-tengah masyarakat dan warga belajar. Kegiatan PPL ini penulis laksanakan di UPTD Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kulon Progo. Penyususnan program rencana kerja dimulai dari tahapan observasi wilayah instansi UPTD Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kulon Progo. Observasi di lakukan dengan metode wawancara, melihat data demografi dan melihat langsung kondisi lapangan aktivitas kegiatan di SKB Kulon Progo khususnya di bagian kesetaraan dan TPA/KB Pelangi Nusa di UPTD SKB Kab. Kulon Progo. Berdasarkan hasil observasi tersebut dapat ditentukan program kerja yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan pembelajaran yang berada di paket B dan paket C, serta TPA/KB Pelangi Nusa. Dalam program PPL ini, mahasiswa dituntut untuk dapat merencanakan, melaksanakan, serta mengevaluasi program. Sementara program mengajar tidak terlalu ditekankan. Dari hasil observasi tersebut, maka di susunlah suatu program utama yaitu program administrasi TBM Damar Gemilang dan program monitoring dan evaluasi paket C. Adapun program penunjang yaitu monitoring dan evaluasi TPA/KB Pelangi Nusa, parenting, strategi pengembangan koleksi TBM Damar Gemilang, training motivasi/outbound paket C, penataan buku dan ruang TBM Damar Gemilang, workshop jurnalistik paket C, pendampingan dan pembuatan mading paket C, motivasi minat baca, success story, pelatihan pembuatan APE dan media pembelajaran dari kain perca, sosialisasi narkoba. Sasaran dari program ini adalah untuk warga belajar paket C, TPA/KB Pelangi Nusa. Dengan diadakannya praktik pengalaman lapangan maka mahasiswa dapat melatih keterampilan dalam merencanakan, melaksanakan, serta mengevaluasi program.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 03 Aug 2016 01:07 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 12:02 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38318 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |