AJI PRAYOGA, AJI PRAYOGA (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
Text
1. COVER.doc Download (44kB) |
|
Text
2. HALAMAN PENGESAHAN.doc Download (202kB) |
|
Text
3. KATA PENGANTAR.doc Download (38kB) |
|
Text
4. DAFTAR ISI.doc Download (42kB) |
|
Text
5. DAFTAR TABEL.doc Download (28kB) |
|
Text
6. DAFTAR GAMBAR.doc Download (27kB) |
|
Text
7. DAFTAR LAMPIRAN.doc Download (62kB) |
|
Text
8. ABSTRAK.doc Download (28kB) |
|
Text
9. BAB I.docx Download (97kB) |
|
Text
10. BAB II.doc Download (112kB) |
|
Text
11. BAB III.doc Download (50kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.doc Download (29kB) |
|
Text
RPP PRAKTIK BUBUT 1.doc Download (75kB) |
|
Text
RPP PRAKTIK BUBUT 2.doc Download (528kB) |
|
Text
RPP PRAKTIK BUBUT 3.doc Download (333kB) |
|
Text
RPP TEORI FRAIS 1.doc Download (340kB) |
|
Text
RPP TEORI FRAIS 2.doc Download (961kB) |
|
Text
RPP TEORI FRAIS 3.doc Download (421kB) |
|
Text
RPP TPF 1.doc Download (123kB) |
|
Text
RPP TPF 2.doc Download (100kB) |
|
Text
RPP TPF 3.doc Download (316kB) |
|
Text
LAPORAN MINGGUAN PELAKSANAAN PPL UNY 11.docx Download (25kB) |
|
Text
LAPORAN MINGGUAN PPL UNY 1.doc Download (50kB) |
|
Text
LAPORAN MINGGUAN PPL UNY 2.doc Download (51kB) |
|
Text
LAPORAN MINGGUAN PPL UNY 3.doc Download (50kB) |
|
Text
LAPORAN MINGGUAN PPL UNY 4.doc Download (44kB) |
|
Text
LAPORAN MINGGUAN PPL UNY 5.doc Download (47kB) |
|
Text
LAPORAN MINGGUAN PPL UNY 7.doc Download (54kB) |
|
Text
LAPORAN MINGGUAN PPL UNY 8.doc Download (54kB) |
|
Text
LAPORAN MINGGUAN PPL UNY 9.doc Download (54kB) |
|
Text
LAPORAN MINGGUAN PPL UNY 10.doc Download (50kB) |
|
Text
LAPORAN MINGGUAN PPL UNY 11.doc Download (44kB) |
|
Text
LAPORAN MINGGUAN PPL UNY 6.doc Download (52kB) |
|
Text
jobsheet frais.doc Download (351kB) |
|
Text
jobshet bbt 1.doc Download (461kB) |
|
Text
js bb 2.doc Download (432kB) |
|
Text
js bb 3.doc Download (427kB) |
|
Text
lbr pnln frais.doc Download (500kB) |
|
Text
lembar observasi.doc Download (570kB) |
|
Text
lembar penilaian bb 1.doc Download (484kB) |
|
Text
ln bb 3.doc Download (463kB) |
|
Text
ln bb2.doc Download (475kB) |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan istilah kependidikan yang bersifat intrakulikuler dan dilaksanakan oleh mahasiswa yang menyangkut tugas kependidikan, baik berupa persiapan administrasi mengajar, praktik mengajar dan evaluasi pembelajaran. Tujuan utama dari kegiatan PPL adalah untuk melatih mahasiswa dalam menerapkan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki dalam suatu proses pembelajaran sesuai dengan bidang studinya, sehingga mahasiswa memiliki pengalaman yang faktual dan dapat dipakai sebagai bekal untuk mengemabangkan potensinya. Sebelum melakukan PPL terlebih dahulu dilaksanakan observasi sekolah. Observasi ini dilakukan guna mengetahui kondisi dan situasi kelas pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung, mengetahui karakter siswa dan proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Kegiatan PPL dilaksanakan dari tanggal 2 Juli dan berakhir tanggal 17 September 2014 yang bertempat di SMK PIRI 1 Yogyakarta. Alamat sekolah terletakdi Jalan Kemuning, No. 14, Baciro, Yogyakarta. Kegiatan yang dilakukan selama PPL antara lain: persiapan administrasi mengajar, menyusun dan mengembangkan alat pembelajaran dan evaluasi. Adapun administrasi mengajar yang dibuat diantaranya RPP dan silabus. Mata Diklat yang diampu oleh praktikan, adalah Teori Pemesinan Frais dan Teknik Pemesinan Bubut dan Frais. Teori Pemesinan Frais diampukan ke Kelas XI TP 1 dan XI TP 2, frekuensi tatap muka satu kali dalam satu minggu untuk masing-masing kelas, dimana alokasi waktunya masing-masing 2 jam pelajaran. Sedangkan Teknik Pemesinan Bubut dan Frais merupakan mata pelajaran praktik, frekuensi tatap muka dua kali dalam satu minggu, diman alokasi waktunya masing-masing 10 jam pelajaran. Mata Diklat Teori Pemesinan Frais dijadwalkan pada hari Senin, sedangkan Teknik Pemesinan Bubut dan Frais hari Rabu kelas XI TP 1 dan hari Kamis kelas XI TP 2. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL ini adalah pengalaman nyata dalam mengajar, pengalaman dalam menghadapi peserta didik yang mempunyai karakter yang berbeda-beda, belajar untuk membuat persiapan mengajar, belajar mengatasi hambatan-hambatan yang muncul selama proses pembelajaran, dan belajar menjadi seorang guru yang profesional yang mampu menjawab tantangan dunia pendidikan di masa yang akan datang.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PPL, Teori Pemesinan Frais, SMK PIRI 1 Yogyakarta |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 02 Aug 2016 09:17 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:54 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38282 |
Actions (login required)
View Item |