Dra. EMG Lestantun MK, M.Sn., . (2010) FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG PEMBELAJARAN TARI DI SANGGAR SENI PRADNYA WIDYA FBS UNY. [Experiment/Research]
Text
09_EMG_Lestantun_FBS.doc Download (31kB) |
Abstract
Sanggar Seni Pradnya Widya (SSPW) adalah sanggar seni yang berada di bawah naungan Jurusan Pendidikan Seni Tari Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta. Sanggar ini keberadaanya di tengah-tengah masyarakat mempunyai peran yang sangat strategis. Yakni di samping sebagai ajang pengabdian kepada masyarakat oleh dosen-dosen pendidikan seni tari, juga berfungsi sebagai tempat praktik mahasiswa seni tari terjun langsung di masyarakat. Kecuali itu, juga sebagai jembatan penghubung antara UNY dan masyarakat di luar UNY. SSPW mempunyai siswa dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan, saat ini jumlah siswa SSPW adalah170 siswa. sementara sanggar lain siswanya berkurang atau malah gulung tikar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran yang diterapkan di sanggar seni pradnya widya, sehingga bisa bertahan cukup lama dengan jumlah anggota yang cukup banyak. Penelitian yang di pergunakan di dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumen. Pengambilan data wawancara secara mendalam dengan subjek penelitian : para siswa sanggar, pengurus sanggar, guru, dan orang tua siswa. Penentuan sampel sebagai subjek penelitian adalah dengan teknik Clusster random sampling. Untuk mengetahui validitas data dipergunakan triangulasi data sumber. Hasil penelitian menunjukkan : Guru lebih perhatian, Gurunya ramah, Biaya murah, Kelas sendiri-sendiri, Pengurus sanggar dan Guru satu suara, Guru dan Siswa akrab, Mendapat Sertifikat, Jaraknya dekat, Bisa pindah ke kelas yang lain, dan Ada Pengalaman pentas.
Item Type: | Experiment/Research |
---|---|
Subjects: | Seni dan Budaya > Seni Tari LPPM |
Divisions: | LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat |
Date Deposited: | 10 Aug 2012 01:34 |
Last Modified: | 02 Oct 2019 02:15 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3827 |
Actions (login required)
View Item |