LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA

Isna Susmita, Isna Susmita (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Isna Susmita (P.Akuntansi-11403249001).pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah wajib lulus yang diadakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta. Mata kuliah PPL mempunyai kegiatan yang terkait dengan proses pembelajaran maupun kegiatan yang mendukung berlangsungnya pembelajaran. Mata kuliah ini diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman belajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggungjawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Praktik Pengalaman Lapangan ini dilasanakan di SMK Negeri 7 Yogyakarta Selama pelaksanaan PPL ini mahasiswa juga diharapkan dapat terlatih kemampuannya dalam hal administrasi yang ada di lembaga sekolah, kegiatan siswa dan guru serta ikut dalam perbaikan-perbaikan yang dilaksanakan lembaga sekolah yang bersangkutan. Sebelum kegiatan PPL berlangsung mahasiswa melaksanakan kegiatan praPPL yaitu melakukan observasi sehingga dapat memperoleh gambaran tentang aktifitas dan keadaan fisik sekolah. Pelaksanaan kegiatan PPL dilakukan di 3 kelas yaitu di kelas X AK 1, X AK 2, dan X AK 3. Proses pembelajaran yang dilakukan mahasiswa praktikan berlangsung sebanyak 13 kali pertemuan dimana 11 kali pertemuan merupakan jadwal mengajar rutin praktikan dan 2 pertemuan adalah mengisi kelas dan menyampaikan tugas dari guru yang berhalangan hadir. Pelaksanaan pembelajaran di muali dari pembuatan RPP, media pembelajaran berupa Power Point, pemberian materi berupa ceramah dan tanya jawab, diskusi, persentasi dan evaluasi sikap, pengetahuan dan keterampilan peserta didik. Secara keseluruhan, program-program kegiatan PPL yang telah direncanakan berjalan dengan baik, akan tetapi dalam pelaksanaannya masih terdapat hambatanhambatan yang timbul namun masih dapat untuk diatasi. Hambatan tersebut misalnya, terdapat beberapa siswa yang masih sulit untuk dikendalikan, banyak siswa yang mengeluh dengan kurikulum 2013 dimana waktu pelajaran di sekolah diperpanjang, kurang siapnya siswa dalam menerima pelajaran disekolah sehingga banyak siswa yang kurang aktif. Namun dalam hal ini pratikan selalu berusaha untuk mengatasi hambatan tersebut agar pembelajaran tetap berlangsung dengan baik. Setiap proses dan hal-hal lainnya yang dilalui selama kegiatan PPL ini menjadi pengetahuan dan pembelajaran bagi mahasiswa untuk menerapkan dan mengimplementasikan keilmuan maupun pengalaman di dunia kerja, khususnya di bidang kependidikan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, pendidikan, SMK Negeri 7 Yogyakarta, Kurikulum 2013
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 02 Aug 2016 07:23
Last Modified: 01 Oct 2019 12:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38263

Actions (login required)

View Item View Item