LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) TEKNOLOGI PENDIDIKAN Lokasi BALAI TEKNOLOGI KOMUNIKASI PENDIDIKAN DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA PEMERINTAH DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Titi Sulistyoningrum, Titi Sulistyoningrum (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) TEKNOLOGI PENDIDIKAN Lokasi BALAI TEKNOLOGI KOMUNIKASI PENDIDIKAN DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA PEMERINTAH DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Titi Sulistyoningrum-11105241038.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan Dinas Dikpora Pemda DIY memiliki tugas yang berkaitan erat dengan perbaikan mutu pendidikan. Tentunya hal ini tidak dapat terlepas dari adanya perkembangan teknologi informasi. Produksi, pengembangan dan layanan sumber belajar merupakan tugas BTKP untuk memajukan mutu pendidikan sesuai dengan visi BTKP “Menjadi pusat sumber belajar pendidikan formal dan non formal jenjang pendidikan dasar dan menengah berbasis teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia tahun 2025”. Berdasarkan observasi dan orientasi yang telah dilaksanakan oleh tim PPL, beberapa hal yang perlu menjadi perhatian pihak Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan (BTKP) adalah upaya optimalisasi pengenalan perannya dalam bidang pendidikan, agar setiap sekolah di lingkungan Pemda DIY dapat lebih mengenal dan memperoleh manfaat langsung, serta kebutuhan SDM tambahan dalam pelaksanaan program kerja BTKP Berdasar analisis di atas, kami dari kelompok PPL jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2014 mempersiapkan program kerja yang sifatnya dapat mendorong kemajuan dan profesionalisme Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan untuk lebih baik. Program yang dilaksanakan yaitu Siaran Radio Streaming. Program ini merupakan program yang sebelumnya sudah dilaksanakan oleh pihak Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan. Program siaran radio streaming ini merupakan program dari sie layanan di BTKP. Di dalam siaran radio streaming memiliki banyak program acara, antara lain dunia anak, satu jam bersama artis idola, berita hari ini, talk show, dll. Setiap program acara selalu memberikan info-info seputar pendidikan dan kebudayaan. Program acara talk show sudah terlaksana 10 kali talk show selama PPL berlangsung. Talk show dilaksanakan 2-3 kali setiap minggunya dengan mendatangkan narasumber sesuai tema yang dihadirkan dalam talk show. Sebelum terlaksana talk show saya dan teman-teman ditugaskan untuk membuat 50 tema yang akhirnya dipilih 48 tema. Setiap harinya playlist yang di putar dibuat oleh anggota yang sedang bertugas di studio. Dengan adanya program siaran radio di harapkan dapat menambah wawasan bagi siapapun dimanapun.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Siaran Radio Streaming, Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 02 Aug 2016 04:48
Last Modified: 01 Oct 2019 12:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38248

Actions (login required)

View Item View Item