Telaah Buku Sekolah Elektronik (BSE) Bahasa Inggris Kelas X dan Penggunaannya di Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Bantul, Yogyakarta

Sukma, Meilati (2011) Telaah Buku Sekolah Elektronik (BSE) Bahasa Inggris Kelas X dan Penggunaannya di Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-meilati-sukma-08706251008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan komponen yang terdapat dalam BSE bahasa Inggris kelas X SMA berupa, indikator pencapaian kompetensi, tema materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran berdasarkan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SKKD); dan mendeskripsikan bagaimana penggunaan BSE di sekolah menengah atas negeri di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah BSE bahasa Inggris kelas X yang berjudul Developing English dan Interlanguage, siswa dan guru bahasa Inggris kelas X di SMAN di Kabupaten Bantul. Teknik pengumpulan data yaitu dengan membaca materi yang terdapat dalam BSE bahasa Inggris kelas X, melakukan observasi dalam proses belajar mengajar, dan wawancara dengan siswa dan guru bahasa Inggris kelas X. Instrumen utama penelitian adalah peneliti sendiri. Analisis data dilakukan dengan cara pembacaan dan pengamatan yang cermat terhadap sumber data, pencatatan data, pengkategorisasian data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) indikator pencapaian kompetensi, tema materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran yang terdapat dalam BSE bahasa Inggris kelas X mengacu pada SKKD, (2) terdapat beberapa alasan guru menggunakan BSE, yaitu materi BSE sesuai dengan kurikulum, variatif, mudah dipahami siswa, dan dilengkapi dengan gambar yang menarik; BSE memiliki berbagai fungsi seperti sebagai bahan ajar yang bagus, bahan evaluasi, referensi, dan materi pelengkap, (3) terdapat beberapa cara penggunaan BSE dalam proses pembelajaran, yaitu guru menayangkan materi melalui LCD proyektor, membagikan lembar fotokopi materi BSE, meminjamkan BSE versi cetak dari perpustakaan sekolah kepada siswa saat proses pembelajaran berlangsung, menuliskan materi BSE di papan tulis, dan membacakan teks materi keterampilan mendengarkan, (4) materi BSE yang paling banyak digunakan dalam proses pembelajaran adalah materi keterampilan membaca, sedangkan materi keterampilan mendengarkan paling sedikit digunakan, (5) terdapat beberapa teknik penyajian materi BSE bahasa Inggris kelas X, yaitu guru menggunakan materi BSE sebagaimana tertera dalam BSE, mengabaikan beberapa materi, menambahkan materi, melakukan modifikasi, dan mengganti materi, (5) terdapat beberapa kelebihan BSE bahasa Inggris kelas X menurut guru, yaitu harga BSE murah, materi BSE sesuai dengan SKKD, ilustrasi buku bagus, materi dalam empat keterampilan berbahasa bagus, 6) terdapat beberapa kekurangan BSE bahasa Inggris kelas X menurut guru yaitu sosialisasi dan pemasaran BSE versi cetak kurang, harga BSE kalah murah dengan LKS, BSE dilengkapi dengan kunci jawaban, tidak terdapat kaset untuk teks lisan, dan gambar dalam BSE tidak berwarna, 7) terdapat saran dari guru, yaitu penerbit hendaknya menawarkan BSE bahasa Inggris kelas X versi cetak ke sekolah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Buku Sekolah Elektronik (BSE), bahasa Inggris
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2016 07:18
Last Modified: 05 Dec 2022 02:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38126

Actions (login required)

View Item View Item