LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Lokasi : SMK N 1 NGAWEN Jono, Tancep, Ngawen, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Siti Mahmudah, Siti Mahmudah (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Lokasi : SMK N 1 NGAWEN Jono, Tancep, Ngawen, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN - 11520241013 - SITI MAHMUDAH.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengajaran Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa S1 kependidikan, yang pelaksanaannya dilakukan di sekolah atau lembaga kependidikan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini memiliki misi yaitu untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan (calon guru) yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan ketrampilan yang profesional, maka pelaksanaan PPL ini akan sangat membantu mahasiswa dalam memasuki realita dunia kependidikan dan sebagai sarana untuk menerapkan ilmu yang diperolehnya selama mengikuti perkuliahan. Salah satu tempat yang menjadi lokasi PPL UNY 2014 adalah SMK Negeri 1 Ngawen, yang beralamat di Jono, Tancep, Ngawen, Gunungkidul. Dalam pelaksanaan PPL yang dilaksanakan mulai 2 Juli 2014 sampai 17 September 2014, terdapat beberapa program yang akan dilaksanakan. Masingmasing program tersebut disusun berdasarkan observasi yang dilakukan sebelum kegiatan PPL berlangsung. Program PPL yang dilaksanakan antara lain: Pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Persiapan Materi Pembelajaran, Persiapan Tugas, Praktik Mengajar, dan Evaluasi Pembelajaran. Mahasiswa praktikan memperoleh praktik mengajar mata pelajaran Sistem Komputer Kelas X dan XI, serta Pemrograman Dasar kelas XI. Selain itu, mahasiswa praktikan juga membuat media pembelajaran LAN Triner. Pendekatan yang digunakan dalam proses pembelajaran melalui pendekatan saintifik dengan model pembelajaran discovery learning, serta metode yang digunakan adalah diskusi kelompok, tanya jawab, presentasi dan eksperimen. Media yang digunakan berupa slide presentasi, serta alat yang digunakan adalah laptop, LCD proyektor dan papan tulis. Dari kegiatan PPL ini mahasiswa praktikan memperoleh pengalaman yang belum pernah diperoleh di perkuliahan, terutama pengalaman mengajar di kelas. Dalam pelaksanaan program-program tersebut tidak pernah terlepas dari hambatan-hambatan yang dihadapi. Akan tetapi dengan adanya semangat dan kerjasama yang baik serta dukungan dari seluruh warga sekolah SMK N 1 Ngawen maka segala hambatan dapat teratasi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMK N 1 Ngawen. mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 01 Aug 2016 07:05
Last Modified: 01 Oct 2019 12:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38123

Actions (login required)

View Item View Item