vii PERBEDAAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI SE KECAMATAN BANTUL ANTARA YANG MELAKSANAKAN PROGRAM UKS DENGAN YANG TIDAK MELAKSANAKAN PROGRAM UKS

Celien Mamengki (2016) vii PERBEDAAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI SE KECAMATAN BANTUL ANTARA YANG MELAKSANAKAN PROGRAM UKS DENGAN YANG TIDAK MELAKSANAKAN PROGRAM UKS. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pengamatan yang dilakukan dibeberapa sekolah dasar negeri se Kecamatan Bantul masih ada sekolah yang belum melaksanakan program UKS, sehingga belum terlaksana dengan baik dan siswa juga belum menunjukkan perilaku yang mencerminkan hidup sehat. Diharapkan dengan adanya program UKS, siswa di sekolah tersebut mempunyai perilaku hidup bersih dan sehat. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan dari perilaku hidup bersih dan sehat siswa kelas IV antara yang melaksanakan dengan yang tidak melaksanakan program UKS di beberapa sekolah dasar negeri se Kecamatan Bantul. Jenis penelitian ini adalah komparatif, dengan desain penelitian menggunakan dengan metode survey. Instrumen penelitian berupa angket untuk mengukur perilaku hidup bersih dan sehat. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV dibeberapa sekolah dasar negeri se Kecamatan Bantul sebanyak 168 siswa, dengan rincian sekolah yang melaksanakan program UKS sebanyak 51 siswa dan yang tidak melaksanakan program UKS 117 siswa. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis dengan analisis uji t (independent sample t test) dengan taraf signifikan 5 %. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai t hitung (3,595) > t tabel (1,980), dan nilai p (0,000) < dari 0,05, hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai t hitung lebih besar dari pada t tabel. Hasil tersebut dapat disimpulkan ada perbedaan perilaku hidup bersih dan sehat siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Se Kecamatan Bantul antara yang melaksanakan program UKS dengan yang tidak melaksanakan program UKS.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perbedaan, Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat, Program UKS
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 01 Aug 2016 09:18
Last Modified: 30 Jan 2019 10:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38099

Actions (login required)

View Item View Item